1500 Warga Bulukumba Ikut Bersihkan Pantai dalam Rangka HUT Perhubungan Nasional 2019

oleh -112 views

LISTINGBERITA.COM,BULUKUMBA-—Dalam rangka memperingati Hari Perhubungan Nasional 2019,Kementerian Perhubungan Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan Kelas II Bulukumba menggelar bersih bersih pantai di Kelurahan Tanah Beru Kecamatan Bontobahari Kabupaten Bulukumba Sulawesi-Selatan.

Kegiatan bersih pantai ini dilakukan kurang lebih dari 1500 peserta dari 40 instansi,satu pleton TNI,satu pleton polisi ,pelajar dati tingkat menengah atas hingga sekolah dasar dan juga masyarakat sekitar.

Kegiatan dimulai pukul 07.00 WITA hingga pukul 10.00 WITA menyusuri setiap galangan tempat pembuatan Perahu Pinisi,pesisir pantai dan pemukiman penduduk sejauh kurang lebih tiga kilo meter.

Baca Juga ! :  Upacara HUT RI ke 73, ASN di Jeneponto Tak Ikut Upacara akan Disanksi

Kegiatan bersih pantai ini juga dihadiri Wakil Bupati Bulukumba Tomy Satria,Dandim 1411 Bulukumba Letkol Arm Joko Triyanto dan sejumlah pimpinan OPD ,Seperti Kadis Lingkungan Hidup dan Kadis Pertanian Bulukumba.

Kepala unit penyelengara pelabuhan kelas II bulukumba,Johansyah mengatakan bahwa bersih sampah ini diutaman pada sampah jenis plastik karena sifatnya yang sukit untuk terurai,sehingga bukan hanya dapat merusak eksistensi biota laut namun juga dapat membahayakan manusia.

selain itu Johansyah mengatakan bahwa Kelurahan Tanah Beru dipilih sebagai lokasi aksi sosial tersebut karena merupakan daerah sentra pembuatan perahu pinisi yang namanya sudah mendunia.

Baca Juga ! :  Ketua Jurusan Ilmu Pemerintahan Unismuh Makassar Puji Kepemimpinan Bupati Lutra

“Kalau disini jorok,kotor kita khawatirkan tidak ada lagi wisatawan yang mau datang kesini,olehnya itu kami mengajak seluruh pihak untuk melakukan bersih pantai,”jelanya Johansyah

Senada dengan Wakil Bupati Bulukumba Tomy Satrai Yulianto yang mengapresiasi kegiatan bersih bersih pantai yang dilakukan pihak Kementerian Perhubungan Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Kelas II Bulukumba yang telah menggugah sejumlah pihak untuk ikut melaksanakan kegiatan bersih besih pantai.

“Saya pribadi sangat mengapresisi kegiatan yang telah dilakukan pihak kementerian perhubungan dalam rangka peringatan hari jadinya yang telah menggugah dan menyadarkan kita semua akan pentingnya kebersihan utamanya kebersihan disekitar pantai ini,”jelas Tomy

Baca Juga ! :  Wakili Bupati Indah, Kalaksa BPBD Lutra Resmikan Markas PMI Tanalili

Dirinya berharap mesyarakat bisa sadar terkait bahaya sampah dan juga bisa memahami bagaimana menangani sampah agar tidak berserakan dan nantinya menjadi mala petaka.

“Kita harus mengajak masyarakat bagaimana mereduce atau mengolah sampah utamanya sampah plastik menjadi barang berguna atau berharga,disini juga telah disiapkan bank sampah jadi tidak ada alasan untuk membuang sampah di pantai,”tegasnya.