5.005 Produk Kosmetik Berbahaya Berhasil Disita BPOM Palopo

oleh -1.340 views
Kepala Kantor Badan Pengawas Obat dan Makanan (B-POM) Kota Palopo, Dra Nurtati Rahman, saat menggelar press realease, Rabu (19/12/2018)

LISTINGBERITA.COM|PALOPO – Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Palopo, berhasil menyita ribuan produk kosmetik Ilegal dan mengandung zat berbahaya pada penertiban pasar jelang natal dan tahu baru.

Kosmetik Ilegal dan mengandung bahan berbahaya tersebut, diamankan Empat Kabupaten/Kota. Diantaranya, Kota Palopo, Luwu, Luwu Utara, serta Kabupaten Toraja.

Dalam penertiban pasar tersebut BPOM berhasil menemukan 38 sarana yang tidak memenuhi ketentuan (TMK), dan dan menemukan sedikitnya 5.005 produk yang dinilai Ilegal, Kadaluarsa, serta mengandung zat berbahaya. Dari 5.005 produk ini, seharga Rp 166.865.800.

Baca Juga ! :  Remaja Masjid Raya Palajau Diberi Pelatihan LDK, ini Tujuannya

Kepala BPOM Palopo, Nurtati Rahman mengatakan bahwa penertiban pasar dari kosmetik ilegal berlangsung selama 2 pekan dan hasil temuan terdiri dari 3 kategori TMK masing masing mengandung bahan berbahaya, kedaluwarsa dan tidak memiliki izin edar.

“Kosmetik yang berbahaya itu mengandung Hydrokinon dan Merkuri yang dapat menyebabkan kanker untuk pemakaian jangka waktu lama karena masuk kedalam pori-pori,” jelasnya, Rabu (19/12/2018).

Baca Juga ! :  Lantik Ketua Tim Penggerak PKK Kota Palopo, Ini Pesan Liestiaty Nurdin

Selain itu kosmetik yang disita yakni tidak memiliki izin edar dan sudah kedaluwarsa.

“Kosmetik yang belum mendapat nomor notifikasi dari Badan POM tapi sudah beredar di pasaran juga kami amankan karena tidak ada yang bisa menjamin keamanan penggunaan kosmetik ini jika digunakan oleh masyarakat seperti alat kecantikan itu bisa saja menggunakan alat pewarna tekstil yang tidak dianjurkan dalam penggunaan kosmetik. Sedangkan kosmetik yang sudah kedaluwarsa yah tidak boleh dipakai,” tambahnya.

Baca Juga ! :  Ada Sosok Sang Suami Dibalik Kesukseksanya,Hj Nuraidah:Dialah Penyemangatku

Kepala Badan POM Palopo mengimbau kepada masyarakat agar menjadi konsumen yang cerdas dengan selalu ingat Cek Klik (Cek Kemasan, Cek Label, Cek Izin edar dn Cek Kedaluwarsa).

“Agar terhindar dari bahaya akibat penggunaan kosmetik yang mengandung bahan berbahaya masyarakat bisa langsung mengecek produk kosmetik yang digunakannya aman atau tidak melalui  aplikasi cek BPOM ,” harapnya. (**)