Antisipasi Bencana Banjir, Bupati Jeneponto Ratas Bersama OPD dan Instruksikan Dinas Terkait

oleh -
Bupati Jeneponto H. Iksan Iskandar menginstruksikan Dinas dan Badan terkait untuk melakukan langkah antisipasi bencana banjir, Senin, 06/12/2021.

LISTINGBERITA, JENEPONTO, – Bupati Jeneponto H. Iksan Iskandar menginstruksikan Dinas dan Badan terkait untuk melakukan langkah antisipasi bencana banjir, Senin, 06/12/2021.

“kita Tidak hanya menyiapkan rencana evakuasi dan penyelamatan korban saja, tetapi mempersiapkan rencana jangka panjang agar bencana banjir yang sewaktu-waktu dapat terjadi tidak berdampak signifikan bagi kehidupan masyarakat” Kata bupati Jeneponto H. Iksan Iskandar saat rapat terbatas/coffee morning terkait antisipasi bencana banjir bersama dengan para OPD

Diketahui dalam kurung waktu 4 tahun terakhir, kabupaten Jeneponto mengalami bencana banjir di beberapa wilayah seperti Bangkala, Binamu dan Tarowang.

H. Iksan Iskandar menegaskan, setiap wilayah kecamatan, desa/kelurahan untuk menyiapkan rencana darurat (contingency plan) dalam menghadapi bencana banjir

“selain master plan yang ada kita bisa menambahkan rencana darurat (contingency plan) agar jumlah korban dan kerusakan yang sewaktu-waktu terjadi dapat diminimalisir”ujar Iksan Iskandar.

Selain itu, H. Iksan Iskandar juga meminta para camat, kepala desa/kelurahan untuk senantiasa mengingatkan masyarakat agar tidak berada di daerah yang rawan resiko bencana, apalagi daerah yang pernah mengalami bencana banjir.

‚Äúdihimbau masyarakat di sepanjang Daerah Aliran Sungai ( DAS ) yang berisiko dampak banjir, ini harus dilakukan langkah-langkah pencegahan dan evakuasi. Saya harap kepala wilayah sampai kepala desa atau lurah mampu ingatkan masyarakat agar tidak berada di tempat berisiko”. Tegas H. Iksan Iskandar.

Sementara itu, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Jeneponto Ishak Iskandar mengatakan, dalam waktu dekat pihaknya akan merampungkan master plan mengenai pencegahan dan penanganan bencana banjir dengan melibatkan beberapa OPD, pemerintah kecamatan, desa/kelurahan serta stakeholder

“secepatnya kami rampungkan konsep dengan melibatkan stakeholder seperti TNI, Polri, Tagana, dan PMI_”ujarnya

 

 

banner 325x300

No More Posts Available.

No more pages to load.