APK Pendidikan Formal Jeneponto Capai Angka Seratus Persen

oleh -171 views

LISTINGBERITA.COM, JENEPONTO, – Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Jeneponto Nur Alam Basir mengatakan bahwa saat ini Sekolah Formal SD SMP dan SMA di Jeneponto angka partisipasi kasar (APK) cukup singnifikan sekitar seratus persen.

Ini artinya tidak ada lagi usia sekolah tidak sekolah di Kabupaten Jeneponto.Dan Untuk mendorong peningkatan kualitas telah tersedia anggaran sebesar 71 milyar untuk perbaikan sarana dan prasaran sekolah.

Nur Alam Basir juga menegaskan anggaran ini akan diperuntukan kurang lebih 200 sekolah yang kondisi rusak. Ini artinya tahun depan tidak ada lagi sekolah yang tidak layak untuk pelaksanaan pembelajaran, ungkapnya.

Baca Juga ! :  Panwascam Bulukumpa Temukan 117 APK Melanggar Aturan

Ini yang disampaikan Nur Alam Basir saat memberi sambutan pada acara Ramah Tamah dan Penamatan SD Negeri No. 48 Bontosunggu Kota tahun pelajaran 2018/2019, diruang pola panranuanta kanto bupati, Sabtu (15/6/2019)

Hadir dalam kegiatan kadis pendidikan dan kebudayaan Nur Alam Basir, kepala UPT SD Negeri No. 48 Bontosunggu Kota. Ernawati DL, S.Pd. ketua komite sekolah Aminuddin Asis, S.Pd. dan orang tua siswa.

Baca Juga ! :  Sejumlah Anggota DPRD Luwu Timur Tuai Kritikan Pedas LBH Rakyat Indonesia Luwu Timur

Lanjut Nur Alam Basir mengatakan tahun ajaran 2019/2020 telah diterapkan sistem zona dalam penerimaan siswa. Ini bertujuan untuk mendorong kualitas pendidikan yang merata dan berkeadilan, sebab sekolah sudah dianggap menerapkan standar yang berlaku, katanya.

Namun demikian siswa yang lintas zona juga dibolehkan dengan ketentuan dan peraturan yang berlaku. Salah satu syaratnya adalah siswa berprestasi dan alasan lain yang dianggap strategis, tegas Nur Alam Basir.

Menutup sambutannya Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Nur Alam Basir sangat mengapresiasi SD 48 yang merupakan Sekolah Dasar rujukan bagi sekolah lain dilingkup Pemkab Jeneponto.

Baca Juga ! :  Wabup Irwan Himbau Pegawai Selalu Ramaikan Masjid

Sementara itu kepala UPT SDN 48 Ernawati DL mengatakan tanggal 12 Juni 2019 siswa sebanyak 80 orang peserta didik dinyatakan lulus seratus persen dengan nilai dan ujian nasional rata rata sangat baik.

Olehnya itu dia mengucapkan terima kasih kepada ibu bapak guru dan orangtua siswa atas partisipasinya dalam mendorong prestasi siswa selama ini, ungkap Kepala UPT Ernawati DL.

( RLS )