Bantu Anak Meraih Harapan, Pemkot Palopo Gelar Motivator ASI

oleh -1579 Dilihat
Puskesmas Wara, Kota Palopo menggelar Pembentukan Motivator ASI yang dirangkaikan dengan launching 3 inovasi. Yakni BANUA MERAH (Bantu Anak Meraih  Harapan),  KADER PINTAR "Bu KB", dan GARPU (Gerakan TB Paruh) yang berlangsung di Social Barn (Mega Plaza Lantai 4), Jl.K.H.Ahmad Dahlan Kota Palopo, Selasa (04/09/2018).

LISTINGBERITA.COM|PALOPO – Puskesmas Wara, Kota Palopo menggelar Pembentukan Motivator ASI yang dirangkaikan dengan launching 3 inovasi. Yakni BANUA MERAH (Bantu Anak Meraih  Harapan),  KADER PINTAR “Bu KB”, dan GARPU (Gerakan TB Paruh) yang berlangsung di Social Barn (Mega Plaza Lantai 4), Jl.K.H.Ahmad Dahlan Kota Palopo, Selasa (04/09/2018).

Inovasi pelayanan publik BANUA MERAH (Bantu Anak Meraih Harapan), yang disampaikan oleh Maryam Marzuki SKM.,M.Kes menjelaskan bahwa puskesmas Wara menerapkan inovasi tersebut sehingga masyarakat terutama anak balita dapat mengakses layanan gizi sebelum mengalami layanan gizi kurang atau bahkan gizi buruk. BANUA MERAH yang merupakan nama baru yang diberikan oleh innovator setelah sebelumnya menggunakan nama Rumah Gizi SMART Generation.

Lanjutnya juga menyampaikan inovasi mengenai KADER PINTAR”Bu KB”, bahwa puskesmas Wara sebagai salah satu puskesmas yang berada di Kota Palopo memiliki 19 posyandu dan 95 kader posyandu ( data tahun 2018). Kader Posyandu sebagian besar mengisi waktunya dengan kegiatan rutin dan itu-itu saja disamping tidak meningkatnya strata posyandu dari tahun ke tahun. Atas dasar itulah maka program promosi kesehatan puskesmas Wara berinisiatif untuk berinovasi dengan tajuk Kader Pintar “Bu KB”.

Sementara itu, pelayanan inovasi GARPU oleh Evy Samsuddin S.Kep menyampaikan bertujuan agar penderita TB bisa melakukan etika pada saat batuk dan tidak membuang ludah sembarangan tempat. Memakai masker selama dalam masa pengobatan intensif atau pengobatan tahap awal dan mengetahui bahaya penyakit TB dan memahami TB bukan penyakit keturunan.

Kegiatan tersebut disambut baik oleh Kepala Dinas Kesehatan, Dr.dr. H.M. Ishaq Iskandar M.Kes  dalam sambutannya menyampaikan kader adalah seorang yang bermanfaat disekitarnya, orang-orang yang menjadi teladan dan orang yang mengajak disekelilingnya.

“Kader itu punya manfaat yang luar biasa, dengan mengajak masyarakat berprilaku baik, berprilaku untuk hidup bersih dan sehat”.

Mengapresiasi apa yang dilakukan puskesmas Wara, dimana itu merupakan  suatu wujud upaya untuk mewujudkan perbaikan pelayanan. Melalui inovasi, dan modifikasi bagaimana anak kita menjadi harapan bangsa, menjadi generasi penerus.

Sambutan Pj. Walikota Palopo, Andi Arwien Azis S.STP yang  dalam hal ini diwakili oleh Asisten II Bidang Perekonomian dan pembangunan Setda  Kota Palopo, Taufik S.Kep.,Ners M.Kes mengatakan inovasi yang telah disampaikan oleh puskesmas Wara, dari ketiga hal yang disampaikan memohon dukungan dari Pemerintah Kota Palopo.

“Mewakili Pj.Walikota Palopo, sangat mendukung apa yang menjadi ide pemikiran dari puskesmas, dan berharap kegiatan ini bukan hanya sekedar konsep saja, karena memang dengan inovasi dan kreativitas bisa membawa kita ke hal yang lebih baik lagi”ujarnya.

Ditambahkan bahwa Pemerintah kota Palopo dari tahun ke tahun punya anggaran memperlombakan disetiap inovasi. Kita ingin kegiatan ini berkesinambungan, bukan hanya sekedar launching begitu saja. Tentunya ada beberapa hal yang penting diperhatikan.

“Pertama, memiliki komitmen bersama bahwa tiga inovasi betul-betul di laksanakan. Kader itu sebagai ujung tombak.Kedua, yang dibutuhkan adalah komunikasi. Untuk berkelanjutan dari kegiatan ini tidak ada komunikasi yang terputus.

Kegiatan ini bukan hanya kegiatan seperti ini, para kader harus punya keterampilan khusus yang harus dilatih” ungkap Taufik.

Tampak hadir Kepala Puskesmas Wara, Andi Tenrigau Nursim SKM, mewakili Kepala BPJS Kota Palopo, Camat Wara Arham, serta Perwakilan dari 10 posyandu dari Kecamatan Wara yang sempat hadir. (RLs|Hms)

Tentang Penulis: Zulpadli

Gambar Gravatar
Anak keempat dari lima bersaudara yang lahir di Kendari, 12-Feb-1994.

No More Posts Available.

No more pages to load.