Begini Cara TSY Peringati Hari Kopi di Puncak Donggia

oleh -
Dalam rangka memperingati hari Kopi Nasional, Rabu (11/3) Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan Kabupaten Bulukumba menggagas acara minum Kopi bersama di Desa Kahayya Kecamatan Kindang Kabupaten Bulukumba Sulsel. ( Ifa/ Listing Berita )

LISTINGBERITA.COM, BULUKUMBA,– Dalam rangka memperingati hari Kopi Nasional, Rabu (11/3) Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan Kabupaten Bulukumba menggagas acara minum Kopi bersama di Desa Kahayya Kecamatan Kindang Kabupaten Bulukumba Sulsel.

Donggia,Desa Kahayya yang terkenal dengan Kopi khas Kayayya terletak di ketinggian 1400 di atas permukaan laut, atau berada kurang lebih 40 kilometer arah barat dari pusat Kota Kabupaten Bulukumba.

Desa ini terkenal sebagai daerah wisata alam selain itu juga terkenal sebagai pusat perkebunan ” Kopi Kahayya ” yang namanya dilaunching beberapa waktu lalu.

Karena dikenal sebagai penghasil kopi, Kepala Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan Bulukumba memilih Desa Kahayya sebagai lokasi memperingati Hari Kopi Nasional, dihadiri Wakil Bupati Bulukumba, Tomy Satria Yulianto, anggota DPRD Bulukumba Fakhidin HDK, Kadis Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan, Emil Yusri dan para penyuluh pertanian dan Perkebunan se Kabupaten Bulukumba.

Peringatan hari Kopi Nasional tahun ini mengusung tema ” Memeriahkan Hari Kopi Nasional, Menggenjot Ekspor Kopi dan Produksi Kopi Bermutu untuk kesejahteraan Petani / UKM di dukung penerapan SNI dan KUR,”

Pada acara itu, Wakil Bupati Tomi Satria Yulianto, mengatakan, usaha Pemerintah Daerah Bulukumba mengkampanyekan Kopi Kahayya baru sekitar 3 sampai 4 tahun terakhir, yang
dilakukan melalui pembukaan akses ke kantong-kantong lokasi kopi Kahayya.

” Yang menjadi tugas Dinas dan para penyuluh, yaitu
lahan perkebunan kopi harus meningkat, kemudian tetap melakukan peremajaan pohon kopi,” pesan Tomy.

Setelah meningkat, katanya, produksi juga meningkat, dan penjualannya juga tidak hanya dalam bentuk biji, tapi sudah dalam bentuk kemasan. “Disinilah peran penyuluh, sehingga Kopi Kahayya harus mampu bersaing dengan kopi-kopi lainnya dan kita harus bangga dengan cita rasa kopi Kahayya yang nikmat dilidah,” puji Tomy.

Wakil Bupati juga meminta instansi terkait, untuk ikut membantu agar kemasan kopi Kahayya bisa lebih bagus, termasuk membantu pengusaha kopi Kahayya dalam memasarkan kopi Kahayya,” harap Tomy.