Bentuk PNS Profesional, Bupati Indah Wajibkan CPNS Lutra Ikuti Latsar

oleh -475 views
Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani saat membuka acara Latsar Angkatan XI dan XII Lingkup Pemerintah Daerah Kabupaten Luwu Utara, di Aula BPSDM Provinsi Sulawesi Selatan, Senin (17/06/2019).

LISTINGBERITA.COM | MAKASSAR – Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani (IDP), menegaskan bahwa untuk membentuk Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang profesional, maka semua Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) wajib mengikuti kegiatan Pelatihan Dasar (Latsar).

Penegasan ini disampaikan IDP dihadapan 74 CPNS Lutra yang mengikuti Latsar Angkatan XI dan XII Lingkup Pemerintah Daerah Kabupaten Luwu Utara, di Aula BPSDM Provinsi Sulawesi Selatan, Senin (17/06/2019).

“Paradigma baru manajemen kepegawaian mengamanahkan setiap CPNS wajib mengikuti Latsar dalam rangka membentuk ASN yang profesional, unggul dan berintegritas,” kata IDP saat membuka kegiatan Latsar CPNS Lingkup Pemda Kabupaten Luwu Utara.

Baca Juga ! :  Hadiri Pisah Sambut Camat Seko, Bupati Indah : Kita Butuh Orang Tangguh Tangani Daerah Pegunungan

IDP mengatakan, kegiatan Latsar CPNS sudah sejalan dengan tuntutan perkembangan dinamika masyarakat yang memiliki tanggung jawab sebagai pelayan masyarakat.

Ia menambahkan, melalui kegiatan Latsar, para CPNS diharap bisa membawa dampak positif bagi kinerja mereka, ada penambahan wawasan pengetahuan, dan juga dapat meningkatkan pemahaman mereka terhadap visi, misi dan arah kebijakan pembangunan di Luwu Utara yang secara riil dapat diimplementasikan di Perangkat Daerah masing-masing.

“Semoga Latsar ini mampu memberikan dampak positif bagi kinerja mereka ke depan,” harapnya.

Sebelumnya, Kepala BKPSDM Lutra, Nursalim Ramli, menyebutkan tujuan Latsar bagi CPNS adalah untuk meningkatkan pengetahuan, keahlian, keterampilan dan sikap ASN dalam melaksanakan tugas secara profesional yang dilandasi kepribadian dan etika ASN sesuai bidang dan tugas masing-masing.

Baca Juga ! :  Pemda Lutra Gelar Rapat Persiapan Ikuti APKASI Otonomi Expo di Jakarta

“Ini salah satu pra syarat untuk menjadi seorang ASN profesional yang bekerja dengan dilandasi oleh kepribadian dan etika,” kata Nursalim.

Sementara Kepala BPSDM Sulsel, Imran Jausi, mengatakan, perubahan Prajabatan menjadi Latsar CPNS memiliki dasar pertimbangan yang matang. Selain karena pertimbangan regulasi, juga karena pertimbangan perubahan mindset ASN itu sendiri.

“Bukan hanya perubahan nama saja, tetapi lebih kepada perubahan mindset ASN dalam memahami nilai-nilai, seperti Akuntabilitas, Nasionalisme, Etika Publik, Komitmen Mutu dan Anti Korupsi,” ucap Imran.

Baca Juga ! :  Ini Alasan Pihak UIN Alauddin Makassar Memilih Malbar Jadi Lokasi KKN Mahasiswanya

Kegiatan Latsar CPNS ini terselenggara berkat kerjasama antara Pemerintah Kabupaten Luwu Utara melalui BKPSDM Lutra dan Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan melalui BPSDM Sulsel.

Kegiatan ini berlangsung selama 51 hari, mulai 17 Juni – 16 Agustus 2019, dengan hitungan 511 jam pembelajaran.

Hadir pada acara pembukaan, Pj. Sekda Lutra Tafsil Saleh, para Kepala Perangkat Daerah Lutra, dan para Pejabat BPSDM Sulsel. (Hms)