Bimbingan Teknis SPMI, Wakasek Bidang Kurikulum Kumpul di LPMP Sulsel

oleh -236 views

LISTINGBERITA.COM, MAKASSAR, – Sistem pendidikan nasional yang didefinisikan dalam UU Nomor 20 Tahun 2003 adalah keseluruhan komponen pendidikan yang salin terkait secara terpadu untuk mencapai tujuan pendidikan nasional yaitu untuk mengembangkan kemampuan serta meningkatkan mutu kehidupan dan martabat manusia Indonesia.

Setiap satuan pendidikan beserta seluruh komponen didalamnya memiliki tanggung jawab dalam peningkatan dan penjaminan mutu pendidikan, peningkatan mutu di satuan pendidikan tidak dapat berjalan dengan baik tanpa adanya budaya mutu pada seluruh komponen satuan pendidikan.

Hal tersebut disampaikan oleh Ketua Panitia Pelaksana Dra. Hj. Kisdar Kasa, M. Si dalam laporannya saat acara pembukaan kegiatan Bimbingan Teknis Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) yang bertempat di Aula 1 LPMP Sulawesi Selatan, Sabtu 7 Desember 2019.

Baca Juga ! :  Hadiri Rapat Paripurna HUT Kota Palopo Ke-17, Thahar: Ditangan "Juara" Palopo Maju

“Kegiatan Bimbingan Teknis SPMI tersebut diikuti oleh 190 Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum SMA dan SMK Se Sulawesi Selatan, yang rencananya akan digelar selama tiga hari” ujar Kisdar Kasa.

Lebih lanjut Kisdar Kasa menjelaskan bahwa tujuan diadakannya Bimbingan Teknis Sistem Penjaminan Mutu Internal adalah meningkatkan pemahaman mengenai Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan, meningkatkan pemahaman mengenai peran dan pembentukan TPMS/SPMI, meningkatkan pemahaman mengenai kewajiban penerapan SPMI di sekolah, mengembangkan kemampuan TPMPS dalam melaksanakan dan menjelaskan SPMI, memfasilitasi peningkatan mutu dan kualitas data mutu, mengakselerasi penerapan SPMI dan peningkatan mutu melalui diseminasi, serta mempresentasikan praktik-praktik baik yang dapat disebarluaskan dan dijadikan contoh.

Baca Juga ! :  Dinsos Distribusikan Hewan Kurban untuk Binaan Panti

Adapun Narasumber dan fasilitator dalam kegiatan tersebut terdiri dari narasumber eselon dan fasilitator nasional. Narasumber eselon adalah Kepala LPMP Sulawesi Selatan dan Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sulawesi Selatan. Fasilitator Nasional adalah widyaiswara dan struktural LPMP Sulawesi Selatan.

Kegiatan Bimbingan Teknis SPMI ini dibuka langsung oleh Kepala LPMP Sulawesi Selatan, Dr. H. Abdul Halim Muharram, M. Pd yang dihadiri oleh Sekretaris Dinas Pendidikan Sulawesi Selatan sekaligus membawakan materi Kebijakan Pendidikan Provinsi Sulawesi Selatan.

Baca Juga ! :  PKM Guru SMKN 1 Takalar Untuk Perancangan Desain Media Pembelajaran

Salah seorang peserta dari Kabupaten Takalar, Sahabuddin Rola sangat mengapresiasi kegiatan Bimbingan Teknis Sistem Penjaminan Mutu Internal tersebut. Menurutnya, dengan Bimtek ini, pihak satuan pendidikan memahami konsep dan praktik Sistem Penjaminan Mutu Internal yang tentunya akan bermuara pada peningkatan mutu sekolah secara utuh dengan melibatkan seluruh komponen satuan pendidikan untuk bersama-sama memiliki budaya mutu.

( Rola )