Bupati Bulukumba : Dewan Pengawas Rumah Sakit Tidak Berjalan Dengan Baik

oleh -701 views

LISTINGBERITA.COM,BULUKUMBA--Bupati Bulukumba Andi Sukri Sappewali melakukan rapat koordinasi dengan jajaran pihak RSUD Andi Sultan Daeng Radja Bulukumba ,Selasa 25 Juni 2019 di Ruang Bupati Bulukumba.

Rakor ini dilakukan menyikapi sorotan warga di media sosial dan media massa terkait kematian bayi yang terjadi beberapa hari yang lalu di RSUD Andi Sulthan Daeng Radja,  Bupati Bulukumba AM Sukri Sappewali menggelar rapat koordinasi dengan jajaran rumah sakit untuk membahas masalah tersebut. Rapat yang dilaksanakan di ruang rapat Bupati ini juga menghadirkan para anggota Dewan Pengawas RSUD, Komite Medik,  Dinas Kesehatan dan Inspektorat.

RSUD Bulukumba sebelumnya telah melakukan klarifikasi terkait kejadian tersebut,  Direktur RSUD dr. Abdul Rajab memastikan tidak terjadi kesalahan prosedur karena semua pelayanan di RSUD harus dengan SOP yang telah ditetapkan dan telah menjadi komitmen RSUD.

Baca Juga ! :  Tahun 2018, Polres Luwu Tindak 3.014 Pelanggaran Lalu Lintas, Naik 44,9 Persen Dari Tahun Sebelumnya

AM Sukri Sappewali mengharapkan dan mengingatkan kepada semua pihak yang melaksanakan pelayanan di RSUD, untuk memberikan layanan yang terbaik kepada masyarakat.

“Jangan biarkan masyarakat tidak terlayani dengan baik di rumah sakit, semua harus pelayanan harus sesuai dengan SOP yang ditetapkan,” pintanya.

Apabila pasien tidak bisa ditangani di RSUD Andi Sulthan Daeng Radja, dirinya meminta segera dirujuk ke rumah sakit yang lebih lengkap. “Jangan biarkan masyarakat mengeluhkan pelayananmu,” imbau AM Sukri Sappewali di hadapan jajaran managemen rumah sakit.

Baca Juga ! :  Peringati Tahun Baru Islam, Ratusan Murid SD dan BKMT di Palopo Pawai Hijraturrasul

Lebih lanjut,  dirinya meminta  petugas medis untuk selalu memberi penjelasan yang lengkap dan kepada keluarga pasien terkait kondisi pasien. Ia juga meminta ada evaluasi secara berkala kepada semua yang bertugas di RSUD.

Selain menyoroti terkait pelayanan yang kerap dikeluhkan pasien,Bupati juga menyoroti dewan pengawas rumah sakit yang dianggap tidak betjalan dengan baik.

Dalam rapat tersebut bupati meminta penjelasan pihak RSUD Bulukumba terkait sejumlah permasalahan yang ada di RSUD Bulukumba.Salah satunya keberadaan dewan pengawas rumah sakit yang dianggap tidak berjalan dengan baik.

Baca Juga ! :  Latih Kemampuan Bahasa Inggris Anak Didik RBB dengan Hadirkan Langsung Turis Asing

“Sepertinya dewan pengawas rumah sakit tidak berjalan dengan baik,saya sudah meminta seluruh yang terkait dengan pelayanan dievaluasi “ujar Bupati Bulukumba.

Bupati dua periode ini mengharapkan kepada dewan pengawas dan komite medik untuk lebih aktif mengawasi pelaksanaan pelayanan di rumah sakit.

Dewan pengawas rumah sakit sendiri terdiri dari lima orang yang bertugas untuk mengawasi pelayanan di rumah sakit.Namun meski demikian keberdaan dewan pengawas ini dianggap sejumlah pihak tidak berjalan efektif hal ini dibuktikan dengan banyaknya keluhan masyarakat.