Bupati Luwu Berangkatkan 265 CJH, Satu Diantaranya Menggunakan Kursi Roda

oleh -
Bupati Luwu, Andi Mudzakkar, memberangkatkan sebanyak 265 Jamaah Calon Haji (JCH) asal Kabupaten Luwu, pada Rabu (01/08/2018), dini hari.

LISTINGBERITA.COM|LUWU –  Bupati Luwu, Andi Mudzakkar, memberangkatkan sebanyak 265 Jamaah Calon Haji (JCH) asal Kabupaten Luwu, pada Rabu (01/08/2018), dini hari.

Satu Jamaah Calon Haji (JCH) asal Luwu, Sulsel, terpaksa berangkat menjalankan ibadah haji dengan menggunakan kursi roda, karena sulit berjalan disebabkan usia yang sudah tua dan pernah menderita penyakit Stroke. Jamaah tersebut bernama Edy Basuki (65) asal Desa Komba, Kecamatan Larompong.

Meski menggunakan kursi roda, kondisi kesehatan calon jamaah haji tersebut dinyatakan sehat dan layak menunaikan ibadah haji ke Mekkah.

Edy Basuki saat tiba di gedung Simpurusiang untuk mengikuti prosesi pelepasan menggunakan Kursi Roda dan tidak bisa berjalan, sehingga petugas Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) menggotongnya naik keatas Bus.

Kepala Seksi haji dan Umrah, Kementerian Agama Kabupaten Luwu, Rusydi Hasyim, mengatakan Bahwa Edy masih sanggup menjalani ibadah haji setelah dinyatakan sehat oleh tim medis.

“Setelah menjalani pemeriksaan, dirinya dianggap mampu untuk berangkat haji meski menggunakan kursi roda,” katanya.

Kabupaten Luwu memiliki kuota jamaah haji sebanyak 266, namun diantaranya terpaksa tertunda keberangkatannya karena mengalami strok. Yakni atas nama Nurjannah (49) .

“Satu orang yang menderita strok tertunda keberangkatannya, karena belum aman untuk berangkat haji,” ujarnya.

Rusydi melanjutkan, bahwa untuk pengganti sudah tidak bisa, karena jangka waktu pelunasan saja dengan urus visa butuh beberapa bulan, karena visa itu dari pusat.

“Hanya saja, nantinya menunggu kuota kosong hingga kloter terakhir dan jika kondisi jamaah sudah membaik, dan pengisian kuota kosong ini diambil alih oleh provinsi,” tuturnya.

Pemberangkatan JCH Luwu berlangsung di gedung Simpurusiang pada Rabu (01/8/2018) dini hari, sekitar pukul 04.00 wita.

Sebanyak 265 JCH Kabupaten Luwu diberangkatkan menuju asrama haji Sudiang, Makassar, dengan menggunakan 11 bus yang terdiri dari 86 orang laki-laki dan 179 orang perempuan. JCH Luwu ini berada di kloter 19 embarkasi Sudiang, bergabung dengan JCH asal Kota Makassar dan Provinsi Papua.

Rencananya mereka akan diberangkat ke Jeddah melalui bandara Sultan Hasanuddin pada Kamis (02/08/2018) sore besok. (**)

banner 325x300

Tentang Penulis: Zulpadli

Gambar Gravatar
Anak keempat dari lima bersaudara yang lahir di Kendari, 12-Feb-1994.

No More Posts Available.

No more pages to load.