Bupati Luwu Timur Apresiasi Pengukuhan Macoa Bawalipu Ke-61 di Wotu

oleh -2656 Dilihat
Dengan prosesi sakral, Macoa Bawalipu ke-61 resmi dikukuhkan di Dusun Benteng, Desa Lampenai, Kecamatan Wotu, Luwu Timur, pada Sabtu (28/07/2018).

LISTINGBERITA.COM|LUTIM – Dengan prosesi sakral, Macoa Bawalipu ke-61 resmi dikukuhkan di Dusun Benteng, Desa Lampenai, Kecamatan Wotu, Luwu Timur, pada Sabtu (28/07/2018).

Bau Muh Aras Abdi To Baji Pua Sinri mengukuhkan diri sebagai Macoa Bawalipu ke-61.

Dalam pengukuhan Macoa Bawalipu yang dilaksanakan di SalassaE (Baruga), dihadiri langsung oleh Yang Mulia Sri Paduka Datu Luwu ke-40, Andi Maradang Mackulau Opu To Bau, serta dewan Adat 12 Kedatuan Luwu, dan Adat 17 Kemacoaan Bawalipu, perangkat adat Pamona.

Selain itu, acara sakral ini juga dihadiri oleh pihak pemerintah setempat, yakni Bupati dan Wakil Bupati Luwu Timur, Thorig Husler dan Irwan Bachri Syam, Anggota DPRD Luwu Timur, Sarkawi A Hamid, serta sejumlah kepala daerah dan tamu penting lainnya.

Dalam sambutannya, Husler mengapresiasi dilaksanakannya pengukuhan Macoa Bawalipu ke-61, Bau Muh Aras Abdi To Baji Pua Sinri.

“Kekayaan budaya adat istiadat yang kita miliki harus dilestarikan. Selamat atas pengukuhan Macoa Bawalipu ke-61,” kata Husler.

Ada delapan susunan acara pada prosesi pengukuhan Bau Muh Aras Abdi To Baji Pua Sinri sebagai Macoa Bawalipu ke-61.

Selain itu, Mapatuddui, Mupaenrai, Umpasakati Macoa Bawalipu ri’ Tana Bangkala’E (Tana’ ri’ Ulo Luwu).

Selanjutnya, ziarah ke Makam Puata Sandro di Makam Pua Sandro.

Macoa Bawalipu adalah sebuah gelar yang diberikan kepada pimpinan pemangku adat di Wotu, Luwu Timur.

Macoa sendiri bermakna pemimpin.

Bau Muh Aras Abdi To Baji Pua Sinri terpilih dalam rapat adat Magombo Oge di Kantor Camat Wotu, Desa Lampenai, Kecamatan Wotu, Sabtu (13/1/2018) lalu. (**)

Tentang Penulis: Zulpadli

Gambar Gravatar
Anak keempat dari lima bersaudara yang lahir di Kendari, 12-Feb-1994.

No More Posts Available.

No more pages to load.