Bupati Luwu Utara Sebut Program Perhutanan Sosial Luar Biasa

oleh -29 views
Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani, secara resmi membuka kegiatan KoKreasi Perhutanan Sosial (PS) Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK), di Tribun VIP Lapangan Taman Siswa Masamba, Kamis (07/11/2019).

LISTINGBERITA.COM | LUTRA – Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani, secara resmi membuka kegiatan KoKreasi Perhutanan Sosial (PS) Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK), di Tribun VIP Lapangan Taman Siswa Masamba, Kamis (07/11/2019).

Kegiatan ini terlaksana berkat kerjasama Pemerintah Daerah Kabupaten Luwu Utara dan GenPI Luwu Utara.

Dalam sambutannya, Bupati Indah Putri Indriani menyebut program Perhutanan Sosial sebagai program yang luar biasa. Bukan tanpa sebab orang nomor satu di Lutra ini menyebut program Perhutanan Sosial luar biasa. Menurutnya, program ini hadir dalam rangka memberikan akses legalitas berupa izin mengolah hutan bagi warga yang bermukim di kawasan hutan.

Baca Juga ! :  Dukungan Dari Emak Emak Terus Mengalir ke H.Suwardi

“Kementerian LHK tidak sekadar memberikan legalitas, tapi juga memberikan kemudahan bagi warga untuk mengolah hutannya,” kata Indah. Tujuannya, kata dia, adalah untuk meningkatkan kesejahteraan warga.

“Intinya, hutannya kita jaga, dan masyarakat mendapatkan manfaaatnya, karena tujuan dari program ini adalah menurunkan angka kemiskinan,” imbuhnya.

Meski demikian, Bupati beralias IDP ini tetap menegaskan agar program ini memberikan hasil yang baik kepada masyarakat. Tidak hanya baik, IDP juga berharap agar program ini sustainable alias berkelanjutan.

Baca Juga ! :  Selundupkan Sabu Menggunakan Boneka, Bandar Narkoba Ini Terancam Hukuman Mati

“Semoga ini bermanfaat. Ada nilai tambah yang didapatkan. Kreasi ini kan penciptaan. Jadi harus ada yang bisa diciptakan untuk masyarakat kita,” tandasnya.

Kokreasi PS ini akan diisi beberapa kegiatan seperti PeSoNa Goes To School, Pelatihan Fasilitasi PS (Farmer To Farmer Mentoring), Pameran Produk PS dan Ngobrol Pintar (Ngopi).

Kegiatan yang disebut terakhir adalah kegiatan puncak berupa Penyerahan SK Akses Legal Perhutanan Sosial, yang didahului dengan Talkshow dan Launching Rumah KoKreasi.

Baca Juga ! :  Satpol PP Lutra Jadi Pembina Terbaik di Sulsel

Turut hadir dalam acara pembukaan ini, Kasubdit Hutan Kemasyarakatan Kementerian LHK Tuti Herawati, Tim Kreatif dari Kementerian LHK, para Kepala Perangkat Daerah Lingkup Pemda Lutra, para Camat, Kepala KPH, Penyuluh Kehutanan Luwu Utara, GenPI Luwu Utara, Kelompok Petani Hutan, para pelajar SMA, serta tamu undangan lainnya. (LH)