Bupati Sebut Belum Ada Upaya Maksimal Dinas Sosial, Camat, Lurah dan Desa Dalam Verifikasi Data

oleh -226 views
Bupati Takalar, H. Syamsari Kitta

LISTINGBERITA.COM, TAKALAR, – Bupati Takalar H. Syamsari Kitta dalam Safari Ramadhan awal Bulan Suci Ramadhan dan memberikan Tausiyah  perlunya, meningkatkan kepedulian pada fakir miskin, dan seluruh elemen pemerintah untuk bekerja keras  membuat langkah-langkah penanggulangan kemiskinan mulai dari pembenahan Data yang disebut Basis Data Terpadu, data KK yang miskin harus akurat dan diperbaharui setiap tahun.

“Kami sangat  menyayangkan Basis Data Terpadu (BDT) tak pernah diperbaharui selama 2 tahun ini, pendataan terakhir dilakukan pada tahun 2016.”pungkasnya.

Lanjut Bupati sebenarnya BDT ini bisa diperbaharui asal ada kesungguhan dari pihak Dinas Sosial, camat sampai ke Desa dan kelurahan.” Mestinya Dinsos dan pihak kecamatan harus turun langsung membersamai desa dan kelurahan, membimbing cara memperbaharui data kemiskinan karena Pemkab sudah membuat surat Edaran Bupati tentang Verifikasi data Kemiskinan sejak awal menjabat Bupati.”ungkapnya.

Baca Juga ! :  Video: Kesederhanaan Bupati Jeneponto Saat di Sore Hari

Lanjut di awal tahun 2018, dengan tegas aku sampaikan segera dilakukan pembaruan data karena jika data lama yang dipakai pasti tidak tepat sasaran.”Tapi saya belum melihat upaya maksimal dari pihak Dinsos dan pihak kecamatan. “terangnya.

Banyak pejabat hanya sibuk di rapat-rapat saja, kalau bupatinya tidak ingatkan lagi maka surat edaran disimpan dan menjadi koleksi di arsip saja.

Baca Juga ! :  Polres Sinjai Gelar Apel Gelar Pasukan Dalam Rangka Ops Lilin 2018.

Para pimpinan dan kader-kader ormas,  kerjasama   untuk bisa membersamai pemerintah dalam memperbaharui data kemiskinan.

“Saya bahagia pimpinan dan kader ormas hadir disini, kita bergandengan tangan membantu pemerintah memperbaharui data kemiskinan. Sebab dalam surat edaran verifikasi data kemiskinan selain unsur pemerintah daerah, kepolisian dan TNI terlibat langsung verifikasi data kemiskinan,” terangnya.

Baca Juga ! :  Sulsel Berjaya di Hakteknas ke-24 Denpasar Bali, Lutra Raih Budhipraja Kabupaten

Kata Syamsari momen ramadhan, momen tarwih dapat digunakan untuk mengumumkan dan menempel KK yang masuk Basis Data Kemiskinan, “sehingga bisa dikoreksi bersama siapa yang yang belum masuk dan siapa yang sebenarnya sudah tak memenuhi persyaratan,” papar H. Syamsari.

Ditegaskan kalau  ada ormas dan masyarakat yang melihat pihak Dinsos, camat, kades maupun lurah yang belum melakukan verifikasi data laporkan pada saya.

(Mul)