Damkar Takalar Sosialisasi Pencegahan dan Penanggulangan Bahaya Kebakaran

oleh -
Dinas Satuan Polisi Pamong Praja bidang pemadam Kebakaran Damkar Kabupaten Takalar melakukan sosialisasi tentang pencegahan dan penanggulangan bahaya kebakaran di Lint Hotel Makassar pada Sabtu, 28/11/2020. ( Laporan : Natsir Tarang/ Jurnalis Listing Berita )

LISTINGBERITA.COM, TAKALAR,- Dinas Satuan Polisi Pamong Praja bidang pemadam Kebakaran Damkar Kabupaten Takalar melakukan sosialisasi tentang pencegahan dan penanggulangan bahaya kebakaran di Lint Hotel Makassar pada Sabtu, 28/11/2020.

Acara sosialisasi di buka langsung oleh Bupati Takalar Syamsari Kitta melalui sambungan Zoom meeting dengan mengatakan sosialisasi ini sangat penting untuk di sampaikan kepada masyarakat agar selalu waspada dalam menggunakan api karena beberapa kejadian kebakaran bersumber dari kelalaian pemakaian kompor dan puntung rokok.

Sosialisasi bisa memanfaatkan momen hari Jum’at dan media sosial lainnya, tujuannya adalah agar masyarakat selalu mengingat bahaya kebakaran.

Muh Alwi Rahman SH. Dalam pemaparannya mengatakan kemitraan Damkar dan Satpol PP dengan media sangat dibutuhkan karena keduanya butuh sosialisasi untuk pemahaman bahaya kebakaran.

” akibat kelalaian kalau sosialisasi sering di lakukan pasti masyarakat paham dan bisa mengantisipasi sebelum terjadi karena “Lebih baik mengantisipasi dari pada menanggulangi” Kata Muh Alwi Rahman SH, Kasat Satpol PP dan Damkar Takalar

Ia minta kepada para insan Pers sebagai mitra agar dapat mensosialisasikan kegiatan ini melalui media cetak dan media Online.

Kebakaran dapat diantisipasi dengan mematikan puntung rokok sebelum di buang ke sembarang tempat, membakar tumpukan sampah ini juga bisa di antisipasi dengan membakar sampah tidak dengan skala banyak.

” kalau banyak sampah maka di bakar dengan cara sedikit sedikit dan kalau sudah terbakar di tunggui sampai apinya benar-benar padam tentunya resiko kebakaran terantisipasi dengan mudah dan gampang”. Ujar Muh Alwi Rahman SH.

Selain itu, Kelalaian orang tua menyimpan korek api di sembarang tempat bisa berakibat kebakaran, karena anak-anak yang tidak tahu tentang bahaya kebakaran memainkan korek api pada tempat yang mudah terbakar kasus ini juga banyak terjadi bahkan bukan hanya rumah, harta benda, penghuni rumah pun bisa terbakar hangus.

” kesimpulannya kita semua dituntut berhati-hati agar tidak terjadi kebakaran, disamping itu informasi akurat masyarakat sangat di butuhkan seperti lokasi titik kejadian kebakaran dan titik pengambilan air”. Kata Muh Alwi Rahman SH.

Kebakaran bisa juga terjadi dari paktor alam yaitu dari Petir, Sambaran petir bisa mengakibatkan kebakaran bila sambaran petir menyambar bahan bakar yang ada di dalam rumah dan pemahaman tehnis penanggulangan dengan cara tradisional menggunakan karung goni yang sudah dibasahi air dan pasir serta pemadaman dengan cara modern bila terjadi kebakaran juga disampaikan Kabid Damkar Muh. Said DJ, Minggu, 29/11/2020.

  •  
  •  
  •  
  •  
  •