Demo Dugaan Kecurangan Pemilu, Warga Potong Ayam di Kantor Bawaslu Luwu

oleh -280 views
Sejumlah masyarakat yang tergabung dalam Aliansi Masyarakat Luwu Untuk Demokrasi melakukan aksi damai di depan Kantor Bawaslu Luwu, di Kecamatan Belopa, Luwu, Rabu (22/05/2019). Dalam aksinya, mereka memotong seekor ayam sebagai simbol matinya demokrasi di daerah tersebut.

LISTINGBERITA.COM | LUWU  – Sejumlah warga yang tergabung dalam Aliansi Masyarakat Luwu Untuk Demokrasi melakukan aksi damai di depan Kantor Bawaslu Luwu, di Kecamatan Belopa,  Luwu, Rabu (22/05/2019)

Aksi tersebut menutut pihak Bawaslu Luwu menindak tegas adanya oknum penyelenggara yang dinilai melakukan kecurangan pada proses Pemilu 2019 lalu.

“Pemilu di Kabupaten Luwu dengan tingkat persentase pemilu sampai 80 persen justru tercederai dengan perilaku-perilaku busuk penyelenggara pemilu yang memaksakan ambisi pribadi dengan memanipulasi aturan pemilu yang menguntungkan pihak tertentu,” teriak Aswar, Jenlap aksi dalam orasinya.

Baca Juga ! :  Lawan Korupsi, Tolak Politik Uang di Pemilu 2019

Selain itu, mereka juga mendesak pihak Bawaslu sebagai lembaga penyelenggara pemilu agar tegas dalam mengambil sikap terkait banyaknya terjadi kecurangan, pada rekapitulasi ditingkat KPPS.

“Kami menuntut agar Bawaslu Luwu sebagai benteng terakhir penegakan kehormatan pemilu untuk mengusut tuntas berbagai penyelenggaran pemilu yang terjadi dalam bentuk, pembengkakan jumlah DPK pada setiap TPS yang tidak wajar, penggunaan hak pilih secara berulang-ulang yang mencederai hasil perolehan suara. Bahkan, adanya oknum penyelenggara pemilu yang dengan sengaja mengintervensi pelaksanaan PSU di Kecamatan Bajo demi menguntungkan pihak-pihak tertentu,” terangnya.

Baca Juga ! :  Sosialisasi Pemilu Damai, Kesbangpol Luwu Gelar Rakor Terbatas di Latimojong

Usai melakukan orasi didepan Kantor Bawaslu Luwu, para pengunjuk rasa kemudian diterima oleh salah seorang Anggota Komisioner Kordiv Hukum Bawaslu Luwu, Kaharuddin, di Ruang Media Center Bawaslu.

Kahar menjelaskan, bahwa pihaknya akan memproses setiap laporan yang masuk ke Bawaslu Luwu. Bahkan ada beberapa laporan sudah dinaikkan statusnya ketingkat penyelidikan.

“Kami akan proses semua laporan masuk, bahkan beberapa diantaranya sudah dinaikkan statusnya ke tingkat penyelidikan. Terutama oknum KPPS yang ada di Kec. Walenrang,” kata Kahar.

Selain melakukan aksi unjuk rasa, para pengunjuk rasa ini juga melaporkan adanya oknum penyelenggara yang diduga melakukan pelanggaran pemilu dengan mengintervensi PSU yang terjadi di Kecamatan Bajo, yang dinilai menguntungkan salah satu pesera pemilu. Mereka bahkan membawa barang bukti berupa rekaman suara hasil percakapan antara oknum KPU dan KPPS.

Baca Juga ! :  Sosialisasi Pemilu Bagi Kaum Muda, KPU Luwu Sambangi Komunitas Futsal

Sebelum membubarkan diri secara tertib, para pengunjukrasa melakukan aksi potong ayam sebagai simbol dimana salah satu oknum penyelenggara berinisial TYB yang diduga melakukan pelanggaran pemilu. (**)