Diduga Akibat Vaksin MR, 8 Siswi SMP Negeri 3 Palopo Dilarikan Ke Rumah Sakit

oleh -2.424 views
Diduga akibat vaksin Measleas Rubella (MR), 8 siswa SMP negeri 3 Palopo, terpaksa dilarikan ke rumah sakit St Madyang dan Rs At-Medika Palopo, Rabu (29/08/2018) pagi.

LISTINGBERITA.COM|PALOPO – Diduga akibat vaksin Measleas Rubella (MR), 8 siswa SMP negeri 3 Palopo, terpaksa dilarikan ke rumah sakit St Madyang dan Rs At-Medika Palopo, Rabu (29/08/2018) pagi.

Kedelapan siswi tersebut mengalami demam tinggi, lemas serta sesak nafas sehingga harus mendapatkan bantuan alat pernafasan oksigen dan infus.

Menurut dokter Instalasi Gawat Darurat (IGD) rumah sakit St Madyang, Amrullah, mengatakan bahwa 5 orang siswa yang dia tangani mengalami gejala awal sesak nafas, lemas dan demam.

“Memang efek samping dari vaksin MR adalah demam, itu muncul setelah divaksin,” kata Amrullah kepada sejumlah awak media.

Baca Juga ! :  KPU Jeneponto Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi dan Penetapan DPTB

“Kami sudah melakukan penanganan awal lebih dahulu yakni sesaknya dan demamnya, nanti ditindaklanjuti perkembangannya,” lanjut Amrullah.

Hingga saat ini, kondisi siswi tersebut sudah mulai membaik meskipun masih ada sebagian dari mereka masih lemas dan masih diberikan bantuan pernafasan oksigen.

Sementara itu, Kepala Sekolah SMP negeri 3 kota Palopo, Kartini Alwi, yang dikonfirmasi mengatakan bahwa 8 orang siswanya sedang menjalani perawatan.

Baca Juga ! :  Emak emak Inginkan HJ.Nuaridah Kembali Duduk

“Korban dirawat di 2 rumah sakit yakni di rumah sakit ST Madyang sebanyak 5 orang dan di rumah sakit At-Medika sebanyak 3 orang. Mereka dilarikan ke rumah sakit setelah satu jam divaksin dan mengalami demam tinggi, lemas dan sesak,” jelas Kartini, saat menjenguk siswinya di Rs St Madyang Palopo.

Kepsek SMPN 3 Palopo ini mengaku jika dirinya tidak menolak dan tidak mendukung kegiatan vaksin MR ini, sehingga pihaknya mengembalikan ke orang tua siswa.

“Sebenarnya saya tidak bilang mendukung atau menolak vaksin MR ini, makanya saya serahkan kepada orang tua siswa dan memberikan surat pernyataan menolak atau menerima imunisasi tersebut,” katanya.

Baca Juga ! :  Foto-foto : Basarnas dan Club Diving Palopo Kibarkan Bendera di Dasar Laut Teluk Bone

Selain itu, dia juga mengatakan jika pada saat petugas mendatangi sekolahnya, dirinya menghimbau agar tidak melakukan vaksi bagi siswa yang tidak sarapan dan memiliki riwayat penyakit lainnya, namun para siswa ini tidak jujur sehingga petugas memberikannya vaksin MR. (**)