Diikuti 14 Kota, Apeksi Wilayah VI di Palopo Resmi Dibuka

oleh -1186 Dilihat
Asisten Pemerintahan Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel)  Ir H Salim. MM yang mewakili Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah, saat membuka secara resmi pelaksanaan Rapat Kerja Wilayah (Rakerwil) Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi) Komisariat Wilayah (Komwil) VI, Jumat (05/04/2019).

LISTINGBERITA.COM|PALOPO – Asisten Pemerintahan Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel)  Ir H Salim. MM yang mewakili Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah, membuka secara resmi pelaksanaan Rapat Kerja Wilayah (Rakerwil) Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi) Komisariat Wilayah (Komwil) VI, Jumat (05/04/2019).

Pembukaan kegiatan yang dilaksanakan pada 5 Maret hingga 7 Maret 2019 ini ditandai dengan pemukulan gong oleh Ir H Salim didampingi Walikota Palopo HM Judas Amir selaku tuan Rumah bersama Walikota Ternate, Pare pare, Ambon, dan Walikota Gorontalo.

Pembukaan yang dirangkaikan dengan agenda gala diner ini, Asisten Pemerintahan Sulsel menyampaikan permohonan maaf atas ketidakhadiran gubernur namun ia menyampaikan pesan ucapan selamat datang kepada seluruh peserta Apeksi.

“Saat ini gubernur sementara dalam agenda berkeliling ke semua kabupaten di sulsel untuk menjaga kondusifnya wilayah Sulsel pada pelaksanaan Pemilu kedepan,” kata Ir H Salim. MM.

Sekaitan dengan tema, Rakerwil yakni “Potret Keberhasilan Kota Dalam Implementasi SDGs” sejalan dengan visi misi provinsi sulsel melayani membangun memberdayakan dan mengatur.

“Saya percaya ada tekad dan keyakinan masing-masing Walikota dan strukturalnya untuk mewujudkan program pembangunan yang telah dicanangkan,” terangnya.

Terkait pesta demokrasi nasional yang dilaksanakan serentak kedepan, gubernur berharap agar pemilu 2019 kedepan dapat berjalan aman dan setiap masyarakat yang memiliki hak pilih dapat memilih sesuai hati nurani.

“Pesan Pak gubernur agar setiap masyarakat dapat memilih secara bebas atas keinginannya, bukan karena adanya tekanan atau ada intimidasi pihak pihak tertentu,” harapnya.

Sementara itu, koordinator Apeksi Wilayah VI, Dr Abdul Taholib Mustafa M.Si dalam laporan singkatnya menyampaikan bahwa Rakerwil Apeksi di kota Palopo dibagi atas pembukaan dan gala diner, seminar dan lokakarya, rapat kerja dan city tour.

“Kita juga akan menyaksikan pemaparan terkait pengalaman terbaik di berbagai kota yang berhubungan dengan inovasi pembangunan,” jelas Dr Abdul Taholib Mustafa.

Ia juga mengingatkan akan perumusan pada rapat kerja agar mempersiapkan dan merumuskan program kerja apeksi dengan baik untuk dijadikan kesiapan pada pelakaananaan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) pada Juli 2019 mendatang, di Kota Semarang, Jawa Tengah.

Hal yang sama juga disampaikan oleh perwakilan dewan pengawas Apeksi Pusat yang disampaikan Walikota Pare pare, Toufan Pawe dimana menyampaikan apresiasi atas kehadiran para walikota peserta Apeksi Wilayah VI meskipun sebahagian hanya perwakilan.

Ia berharap pada Rakerwil Apeksi kali ini dapat memberikan kontribusi yang dijadikan bahan pada Rakernas Juli mendatang di Kota Semarang.

Selain itu, Ia juga mengingatkan agar nantinya ada kontribusi pemikiran terkait bagaimana pemerintah kota agar bisa jauh dari hal-hal yang bersentuhan dengan hukum.

“Sebagai perwakilan dewan pengawas Apeksi saya berharap kegiatan kali ini menjadi pengawal kita kedepan agar dapat terhindar dari ha-hal yang bersentuhan dengan hukum atau KPK,” tegas Taufan Pawe.

Selaku tuan rumah, Walikota Palopo HM. Judas Amir, pada kesempatan itu kembali menyampaikan selamat datang di Kota Palopo yang merupakan Kota Pejuang dan sebagai tempat kedudukan Raja Luwu yang diketahui sebagai Raja Pertama yang mendukung Kemerdekaan RI.

Judas juga menyampaikan permohonan maaf terkait beberapa hal yang berhubungan dengan pelaksanaan Apeksi di Kota Palopo, karena sebagai kota sedang dirinya memahami keterbatasan daerahnya yang mungkin terkait sarana dan prsarana sangat jauh degan kota besar lainnya.

Rakerwil Apeksi Komwil VI ini dihadiri 14 perwakilan kota dari 17 peserta, dimana 3 daerah tidak dihadiri Walikota maupun perwakilannya yakni Kota Mobagu, Kendari, dan Kota Jayapura. (hms)

Tentang Penulis: Zulpadli

Gambar Gravatar
Anak keempat dari lima bersaudara yang lahir di Kendari, 12-Feb-1994.

No More Posts Available.

No more pages to load.