Dinilai Cemari Sungai, TPA Torut Resahkan Warga Bastura

oleh -
Sejumlah warga di Lembang Rante Sumalu, Kecamatan Rante Bua, Toraja Utara, Sulsel, saat melakukan aksi penolakan TPA yang dinilai mencemari sungai di tapal batas Kabupaten Luwu, Sabtu (17/05/2019).

LISTINGBERITA.COM | LUWU – Masyarakat Desa Salubua, Kecamatan Bastem Utara, Kabupaten Luwu, Sulsel, diresahkan dengan adanya lokasi Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Kabupaten Toraja Utara, yang berdampak langsung dengan permukiman warga yang ada di tapal batas kedua Kabupaten tersebut.

Hal ini disampaikan oleh salah seorang warga yang ada di Desa Salubua, Yertin Ratu, kepada sejumlah awak media, pada Sabtu (17/05/2019) sore.

Menurutnya, tempat pembuangan sampah yang ada di Lembang Rante Sumalu, Kecamatan Rante Bua, Toraja Utara sangat mengotori sungai yang merupakan sumber mata air warga yang ada di Desa Salubua, Kecamatan Bastem Utara.

“Toraja Utara membuang sampah di tapal batas, sehingga berdampak langsung terhadap kami yang ada di Desa Salubua. Selain mencemari sungai, bau sampah juga sangat terasa sampai ke permukiman warga,” kata Yertin.

Yertin juga mengatakan, meskipun TPA tersebut berada di wilayah Kabupaten Toraja Utara, tapi dampaknya dirasakan oleh warga yang ada di Kabupaten Luwu, sehingga dirinya berharap pihak Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Luwu, bisa mengambil langkah terkait dengan masalah ini.

“Pemda Luwu juga jangan hanya berdiam diri melihat kondisi yang dialami oleh masyarakat yang ada di Bantem Utara ini, menghadapi kesewenangan yang dilakukan oleh Perintah Kabupaten Toraja Utara,” pungkasnya.

Diketahui, puluhan warga yang ada di Lembang Rante Sumalu, Toraja Utara, melakukan aksi penolakan dan menutup lokasi TPA yang dinilai sangat meresahkan warga setempat pada Sabtu (17/05/2019) siang tadi.

Mereka menuntut pihak Pemda Torut segerah menutup dan tidak membuang sampah lagi di lokasi tersebut, karena masih dekat dengan permukiman warga serta mencemari sungai. (**)

Tentang Penulis: Zulpadli

Zulpadli
Anak keempat dari lima bersaudara yang lahir di Kendari, 12-Feb-1994.