Dua Hari Jelang Pencoblosan, KPU Palopo Rampungkan Pengepakan Logistik Pemilu

oleh -180 views
Dua hari jelang pencoblosan, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Palopo merampungkan pengepakan logistik pemilu sebelum didistribusikan ke setiap TPS, di halaman Kantor KPU Palopo, Jl. Pemuda, Kelurahan Takkalala, Kecamatan Wara Selatan, Kota Palopo, Senin (15/04/2019).

LISTINGBERITA.COM|PALOPO – Dua hari jelang pencoblosan, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Palopo merampungkan pengepakan logistik pemilu sebelum didistribusikan ke setiap TPS, di halaman Kantor KPU Palopo, Jl. Pemuda, Kelurahan Takkalala, Kecamatan Wara Selatan, Kota Palopo, Senin (15/04/2019).

Dalam pengepangan logistik pemilu tersebut, pihak KPU Palopo juga melibatkan ratusan Panitia Pemungutan Suara (PPS) se-Kota Palopo, yang juga diikuti oleh para Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK).

Komisioner KPU Palopo, Abdullah Jaya Hartawan mengatakan, bahwa pihaknya akan merampungkan pengepakan logistik sore ini dan akan segera mendistribusikannya ke setiap PPS.

Baca Juga ! :  Sat Shabara Polres Palopo Dapat Bantuan Lima Unit Motor Trail Dari Polda Sulsel

“Insya Allah, sore pengepakan logistik pemilu akan rampung, dan segerah didistribusikan,” kata Jaya.

Rencananya, pendistribusian logistik akan dilakukan pada Selasa besok, sehari sebelum pencoblosan.

“Besok kami akan distribusikan logistik pemilu ke setiap PPS. Sesuai aturan PKPU, logistik didistribusikan sehari sebelum pencoblosan,” terang Jaya.

Divisi SDM dan Partisipasi Masyarakat KPU Palopo ini menjelaskan, bahwa selain didistribusikan dengan menggunakan roda empat, ada beberapa daerah terpencil yang harus menggunakan kendaraan roda dua untuk melakukan distribusi logistik.

Baca Juga ! :  Lima Turis Asing Jadi Mentor di RBB

Untuk menjangkau daerah tersebut, harus melewati jalan yang terjal, curam serta berbatu sehingga tidak memungkinkan untuk ditempuh menggunakan kendaraan roda empat.

“Ada empat TPS di Kelurahan Peta yang pendistribusian logistiknya harus menggunakan roda dua. Itu karena lokasinya yang terjal dan curam,” tambahnya.

Selain itu, untuk keamanan logistik yang akan didistribusikan ke daerah terpencil tersebut, kotak suara harus dibungkus dengan plastik serta menggunakan kotak yang terbuat dari kayu agar tahan dari guncangan saat diangkut menggunakan sepeda motor.

Baca Juga ! :  Bupati Jeneponto Buka Pelatihan Kejuruan Berbasis Kompetensi di BLK

Logistik pemilu ini nantinya akan disimpan di PPS, sebelum didistribusikan ke setiap TPS.

“Ini untuk mengamankan logistik. Jadi kami simpan di PPS,” tutup Jaya. (**)