Elektabilitas Terus Meningkat, Darwis Ismail Jadi Ancaman Incumbent di Dapil III Sulsel

oleh -
Calon legislatif (Caleg) dari PPP nomor urut 1, daerah pemilihan (Dapil) III Sulsel.

LISTINGBERITA.COM|PALOPO  – Indikator Politik Indonesia akhirnya merilis hasil survei terhadap popularitas dan elektabilitas calon anggota legislatif (caleg) DPR RI pada daerah pemilihan (dapil) Sulawesi Selatan III.

Survei tersebut dilakukan terhadap 1000 responden di masing-masing wilayah di dapil III sulsel yang dilakukan pada 26 Februari-4 Maret 2019.

Survei ini dilakukan dengan metode multistage random sampling Desa/kelurahan di tingkat Kecamatan dipilih dengan jumlah proporsional, dan dengan memiliki toleransi kesalahan (margin of error) sebesar ±3.2% pada tingkat kepercayaan 95 persen.

Survei tersebut menyasar responden yang sudah berumur 17 tahun atau lebih, atau sudah menikah dengan menggunakan metode wawancara tatap muka (face to face interview) dengan menggunakan kuesioner terstruktur (structured interview).

Hasilnya, di dapil Sulawesi Selatan III yang meliputi Kabupaten Sidrap, Pinrang, Enrekang, Luwu, Luwu Timur, Luwu Utara, Palopo, Toraja dan Kabupaten Toraja Utara.

Meskipun yang ikut bertarung di Dapil 3 terdiri dari tokoh tokoh nasional dan partai seperti Jacobus Camarlow mantan Anggota DPR RI, Agus Arifin Nu’mang mantan Wagub Sulsel, Dr Felecitas Tallulembang, Ir Abdillah Natsir, serta Muchtar Luthfi Mufty, namun caleg dari Partai Persatuan Pembamgunan (PPP) Darwis Ismail nomor urut 1 secara perlahan mulai mengejar elektabilitas para incumbent.

Berdasarkan hasil survei yang dilakukan Indikator Politik pada posisi pertama diduduki oleh Rusdi Masse dari partai NasDem dengan hasil 9,4%, kemudian Abdillah Natsir 8,6%, selanjutnya Bahrum Daido 7,8%.

Kemudian, diikuti Latinro Latunrung 7,6%, di posisi kelima Amran 7%, menyusul Muchtar Lutfhy 6,8%, Andi Fauziah 6,7%, Arifin Nu’mang 6%.

Sementara dalam survei tersebut, popularitas Darwis Ismail mampu mendongkrak elektabilitasnya sebesar 5,8% disusul Buhari Kahar 5,6%.

Meskipun terbilang pendatang baru, namun Darwis Ismail mampu menyalip popularitas beberapa petahana. Diantaranya Abubakar Wasahua dan Felicitas Tallu Lembang.

Sementara itu, Darwis Ismail yang popularitasnya mulai meningkat mengaku akan bekerja keras dan tetap optimis untuk bisa terpilih duduk di kursi senayan.

“Saya bersama tim pemenangan dan relawan akan lebih intens melakukan sosialisasi di masyarakat, agar lebih bisa meyakinkan mayarakat untuk menjadi wakil mereka nantinya di DPR RI dan bisa memperjuangkan aspirasi masyarakat,” beber Darwis Ismail, saat di konfirmasi melalui sambungan telpon, Selasa (19/03/2019) pagi.

Darwis Ismail juga menambahkan jika dirinya berkomitmen akan jadi legislator yang menepati janji dan mendedikasikan hidupnya untuk membangun Sulawesi Selatan nantinya. (**)

banner 325x300

Tentang Penulis: Zulpadli

Gambar Gravatar
Anak keempat dari lima bersaudara yang lahir di Kendari, 12-Feb-1994.

No More Posts Available.

No more pages to load.