Era Digital, Kades Paitana Manfaatkan Website Desa Untuk Akses Keterbukaan Publik

oleh -
Pelayanan di Kantor Desa Paitana, Selasa 3 Maret 2020. ( Penulis : Artur/ Listing Berita )

LISTINGBERITA.COM, JENEPONTO -, Desa Paitana Kecamatan Turatea, Jeneponto merupakan salah satu desa maju dari 82 desa yang ada di kabupaten Jeneponto.

Pada periode ketiga kalinya, Kepala Desa Paitana Mukhtar, S. Kom memperlihatkan banyak keberhasilan di desanya, salah satunya adalah keberhasilan dari segi pembangunan fizik.

Selain itu, di era digital ini, Ia juga berhasil memanfaatkan peningkatan Sumber Daya Manusia di desanya. Salah satunya pemanfaatan Informasi Teknologi (IT) dengan membuka akses informasi publik melalui Website desa.

Di dalam website desa tersebut, seluruh potensi yang dimiliki desa Paitana ditampilkan, seperti aplikasi SID, profil desa, peta sosial keadaan desa, serta internet desa. Itu semua bisa diakses kapan dan dimana pun.

Pendayaangunaan website desa dan data profil desa digunakan untuk mengetahui karateristik potensi Sumber Daya Alam (SDA), Sumber Daya Manusia (SDM), dengan dukungan kelembagaan dan perkembangan sarpras, tingkat perkembangan ekonomi, kesehatan, pendidikan, keamanan dan ketertiban, kesadaran politik dan peran serta masyarakat.

“ Jika kesemuanya ini terwujud karena dukungan dan potensi pemuda yang kini lenih banyak di berikan ruang untuk mengembangkan kreasinya,menyalurkan aspirasi dan kemampuannya. Apalagi di dukung oleh staf kades yangg potensial” Kades Paitana ditemui Listingberita.com, Selasa 3/03/2020.

Haeruddin Gassing salah satu tokoh masyarakat Paitana mengapresiasi kepempinan tiga priode Kades Paitana Mukhtar, S.Kom, Menurutnya Kades Paitana tiga priode tersebut telah membuktikan janji-janji politiknya, dengan memajukan peningkatan Sumber Daya Alam dan Sumber Daya Manusia di desa Paitana.

“ kades terpilih tiga priode sudah membuktikan janji-janji politiknya. Bukan kaleng-kaleng kepala desaku” kata Haeruddin Gassing.