Forum GenRe Luwu Utara Sosialisasi Penyebaran “Virus” di Sekolah

oleh -
Forum Generasi Berencana (GenRe) Kabupaten Luwu Utara menggelar roadshow diberbagai sekolah di Luwu Utara, mulai SMP sampai SMA dan sekolah sederajat lainnya, Sabtu (21/09/2019) lalu.

LISTINGBERITA.COM | LUTRA – Forum Generasi Berencana (GenRe) Kabupaten Luwu Utara menggelar roadshow diberbagai sekolah di Luwu Utara, mulai SMP sampai SMA dan sekolah sederajat lainnya.

Roadshow tersebut dalam rangka sosialisasi untuk menebarkan “Virus” Kesehatan Reproduksi Remaja (KRR) yang kemudian disebut Triad KRR, yaitu katakan tidak pada nikah dini, katakan tidak pada seks pra nikah, serta katakan tidak pada NAPZA.

Roadshow perdana dilakukan pada Sabtu (21/09/2019), dengan mendatangi 3 sekolah, masing-masing MTs Negeri Masamba, SMPN 4 Masamba, dan SMPN 1 Baebunta. Virus GenRe yang ditebar adalah Triad KRR, sesuai makna dari Salam GenRe yaitu mengacungkan jari tengah, manis, dan kelingking, kemudian ujung telunjuk dan jempol bertemu membentuk lingkaran yang menggambarkan tidak melakukan tiga hal, yakni nikah dini, seks pra nikah dan NAPZA.

Ketua Forum GenRe Kabupaten Luwu Utara, Tita Kamila, mengatakan bahwa pada prinsipnya program Forum GenRe bertujuan untuk memberikan informasi kependudukan dan pembangunan keluarga, keterampilan hidup, kesehatan reproduksi remaja, serta persiapan kehidupan berkeluarga.

“Semua yang kita lakukan ini tentunya akan berujung pada terciptanya keluarga kecil bahagia dan sejahtera,” kata Runner Up Puteri Otonomi Indonesia ini.

Ia menyebutkan, program GenRe dilaksanakan melalui dua pendekatan, yaitu pendekatan kepada remaja secara langsung melalui Pusat Informasi dan Konseling Remaja (PIK-R) serta pendekatan kepada masyarakat melalui jalur masyarakat.

“Kita ingin meningkatkan pemahaman dan pengetahuan serta keterampilan para remaja tentang program generasi berencana serta memaksimalkan program PIK-R di setiap sekolah yang ada,” terangnya.

Siapa saja yang dilibatkan dalam Roadshow kali ini? Puteri Pariwisata Sulawesi Selatan ini menyebutkan bahwa ada beberapa Duta GenRe yang dilibatkan, yakni Duta GenRe Putri Luwu Utara Andi Paradiba Nabila Hartanti, Duta GenRe Putra Luwu Utara Laode Darfin Idhar dan Finalis Duta GenRe Sulsel Febiyani Divha Kurnia Sasmita.

“Mereka ini terjun langsung memberikan informasi kepada para remaja di sekolah,” ungkapnya.

Sekadar diketahui bahwa Forum GenRe Luwu Utara merupakan binaan dari Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP2KB) Pemerintah Daerah Kabupaten Luwu Utara. Forum ini sangat aktif memberikan sosialisasi di sekolah-sekolah dan mengajak para remaja, khususnya para pelajar, untuk tidak melakukan tiga hal, yaitu nikah dini, seks pra nikah dan NAPZA. Bahkan juga menyentuh kalangan masyarakat umum lainnya. (LH)

Kepala BKPSDM Jeneponto

Tentang Penulis: Zulpadli

Zulpadli
Anak keempat dari lima bersaudara yang lahir di Kendari, 12-Feb-1994.