Gelar Pelatihan Home Industri di Lutim, Dosen STIEM Palopo Jadikan Buah Dengen Jadi Minuman Segar

oleh -1205 Dilihat
Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Muhammadiyah Palopo melakukan pengembangan Home Industri Sirup Buah, melalui kegiatan Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM), di Desa Atue, Kecamatan Malili, Kabupaten Luwu Timur, Rabu (24/10/2018).

LISTINGBERITA.COM|PALOPO – Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Muhammadiyah Palopo melakukan pengembangan Home Industri Sirup Buah, melalui kegiatan Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM), di Desa Atue, Kecamatan Malili, Kabupaten Luwu Timur, Rabu (24/10/2018).

“Ini program KKN Hibah Direktorat Jendral Perguruan Tinggi (Dikti), merupakan salah satu program dari Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi untuk memberikan kontribusi nyata kepada masyarakat melalui kegiatan KKN. Alhamdulillah tahun ini saya mendapat amanah dari Dikti untuk melaksanakan program ini di Desa atue, Kecamatan Malili, Kabupaten Luwu Timur,” ungkap Sri Wahyuni Mustafa.

Jadwal pelaksanaan program KKN-PPM di Desa Atue, lanjut Sri Wahyuni Mustafa, dirinya menyeseuaikan dengan jadwal KKN-PPM yang telah ditetapkan oleh Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Muhammadiyah Palopo, yakni mulai tanggal 2 Juli 2018 hingga 2 Agustus 2018.

“Tim pelaksana dalam KKN-PPM ini terdiri dari 2 (dua) orang, yakni saya sendiri (Sri Wahyuni Mustafa) sebagai ketua tim dan Bapak Halim Usman sebagai anggota tim pelaksana dengan melibatkan mahasiswa semester 6 yang telah memenuhi syarat dari STIE Muhammadiyah Palopo untuk mengikuti KKN-PPM” bebernya.

Menurut Sri Wahyuni Mustafa, timnya menggunakan buah Dengen untuk dijadikan sebagai jus, karena buah Dengen merupakan buah endemik yang berasal dari Luwu Raya (Kabupaten Luwu, Kota Palopo, Kabupaten Luwu Utara dan Kabupaten Luwu Timur). Serta buah tersebut, jarang sekali dimanfaatkan oleh masyarakat sekitar. Padahal buah ini mengandung vitamin yang cukup ‘mumpuni’ untuk kesehatan manusia.

“Selama kegiatan, kita melakukan pelatihan pembuatan sirup buah Dengen serta melakukan event pameran di Kantor Camat Malangke Barat. Metodenya adalah kunjungan kelompok, diskusi kelompok untuk mengetahui keinginan kelompok sasaran, pratik pembuatan home industri yang kita menyesuaikan dengan keinginan kelompok sasaran, promosi hasil kerja kelompok sasaran serta membuatkan label kemasan yang menarik” jelas Sri Wahyuni Mustafa.

Target dalam pelaksanaan kegiatan tersebut adalah menumbuhkan jiwa entrepreneurship bagi masyarakat, peningkatan pengetahuan tentang pengolahan hasil pertanian secara langsung menjadi suatu produk yang lebih bermanfaat, memberikan manfaat terhadap peningkatan perekonomian masyarakat secara permanen dan berkelanjutan serta memberikan pengetahuan tentang perhitungan harga pokok produk yang siap dijual. (**)

Tentang Penulis: Zulpadli

Gambar Gravatar
Anak keempat dari lima bersaudara yang lahir di Kendari, 12-Feb-1994.

No More Posts Available.

No more pages to load.