Hadiri Kegiatan UGD Umat Hindu, Indah: Teruslah Berkarya Dan Sebar Benih Kebaikan

oleh -
Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani saat menghadiri acara Utsawa Dharma Ghita (UGD) umat Hindu di Dusun Kembang Makmur, Desa Tamuku, Luwu Utara, Senin (08/07/2019).

LISTINGBERITA.COM | LUTRA — Sebanyak 4 (empat) kontingen kecamatan se-Kabupaten Luwu Utara mengikuti perlombaan Utsawa Dharma Ghita (UDG) atau yang lebih dikenal dengan nyanyian suci keagamaan Hindu.

Kegiatan yang dilaksanakan di Dusun Kembang Makmur, Desa Tamuku, Senin (08/07/2019) itu, di buka langsung oleh Bupati Luwu Utara, Indah Putri indriani, yang ditandai dengan pemukulan gong.

Dalam sambutannya, Bupati Indah mengatakan, setiap pelaksanaan kegiatan Utsawa Dharma Ghita di tingkat Nasional, Luwu Utara pasti mempunyai perwakilan yang tergabung dalam kontingen Sulawesi Selatan.

“Ini tantangan bagi panitia dan peserta jangan sampai kita tidak punya keterwakilan pada kontingen lagi. Karena saya tahu persis, kita ini orang-orang pejuang yang tidak kenal kata menyerah dan penuh kebersamaan,” kata Indah.

“Kegiatan membaca, menyanyikan dan menelaah isi teks-teks suci keagamaan itu tentulah harus lebih banyak digiatkan dan menjadi rutinitas, sehingga selalu tersebar benih-benih kebaikan di daerah kita ini,” pungkasnya.

Sebelumnya, Ketua Panitia UDG, Made Sudana dalam laporannya mengatakan, bahwa kegiatan ini merupakan kegiatan keagamaan umat hindu yang rutin dilaksanakan dalam 2 tahun sekali.

“Kegiatan ini rutin di laksanakan yang bertujuan untuk meningkatkan keterampilan dan wawasan dalam membaca kitab suci Weda dan kidung kidung keagamaan, sebagaimna tema kita pada tahun ini : melalui utsama dharma githa kita tingkatkan pemahaman, penghayatan dan pengamalan kitab suci weda,” kata Made Sudana.

Kegiatan keaganaan umat Hindu ini, diwarnai dengan berbagai perlombaan, seperti lomba Utsawa Pembaca Sloka, Utsawa penghafal Sloka, Utsawa Phalawakya, Utsawa Kekawin, Utsawa Dharma Wacana serta debat keagamaan.

Sementara itu, Ketua LPDG Kabupaten Luwu Utara, I Gusti Made Jandem menambahkan, bahwa nantinya para pemenang dari lomba UGD ini, akan mewakili Kabupaten Luwu Utara di Tingkat Provinsi.

“Olehnya itu melalui kesempatan ini, kami mengucapkan terima kasih kepada Pemda Lutra terkhusus ibu Indah Putri Indriani atas perhatiannya di setiap kegiatan-kegiatan keagamaan sehingga keamanan dan ketertiban terjalin dengan baik dan menjadikan Luwu Utara sebagai daerah yang menjunjung tinggi nilai harmonisasi antar ummat beragama,” tutur Ketua LPDG Lutra, I Gusti Made.

Pada kegiatan ini, diikuti sebanyak 170 peserta dari empat devile kecamatan. Yakni Kecamatan Tanalili, Kecamatan Bone-Bone, Kecamatan Sukamaju, serta Kecamatan Mappedeceng.

Selain Bupati Indah, kegiatan UGD umay Hindu ini, juga dihadiri oleh Pejabat Sekretaris Daerah (Pj Sekda) Luwu Utara, Tafsil saleh, Kabag Ops Polres Lutra, Wakil ketua PHDI Prov Sulsel, Drs Made Jana, M.Pd, Sekcam Bone-Bone, Nasruddin, serta Kades Tamuku. (Hms)

Tentang Penulis: Zulpadli

Zulpadli
Anak keempat dari lima bersaudara yang lahir di Kendari, 12-Feb-1994.