Hadiri Pemusnahan Arsip SKPD, Ini Harapan Wabup Lutra

oleh -
Wakil Bupati Luwu Utara Muhammad Thahar Rum SH Menghadiri pemusnahan Arsip SKPD tahap akhir dari kegiatan survey akuisisi dan penilaian arsip 18 April Sampai dengan 16 Desember 2019 di lapangan Upacara kantor Bupati Luwu Utara, Senin (16/12/2019).

LISTINGBERITA.COM | LUTRA – Wakil Bupati Luwu Utara Muhammad Thahar Rum SH Menghadiri pemusnahan Arsip SKPD tahap akhir dari kegiatan survey akuisisi dan penilaian arsip 18 April Sampai dengan 16 Desember 2019 di lapangan Upacara kantor Bupati Luwu Utara, Senin (16/12/2019).

Kegiatan yang mengangkat tema Arsip hilang, Asset melayang tersebut di hadiri oleh Sekretaris daerah kabupaten Luwu Utara Tafsil Saleh, kasi Datum kejari Luwu Utara Sakaria Ali Zein SH, para Asisten dan para pimpinan SKPD.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Maharuddin dalam laporannya menyampaikan dalam upaya pencapaian sasaran strategis meningkatnya pengelolaan arsip secara baku pada SKPD lingkup pemerintah daerah Kabupaten Luwu Utara dan meningkatnya kualitas sumberdaya pengelolaan arsip pada instansi pemerintah daerah maka dipandang perlu di lakukan pendampingan pengelolaan arsip SKPD.

“Dari 29 SKPD terdapat 14 SKPD yang sudah siap untuk dimusnahkan arsipnya hari ini, dari 14 SKPD yang telah mengusulkan arsipnya untuk seterusnya di verifikasi terdapat 2130 berkat dan 4046 lembar,” kata Maharuddin.

Berikut daftar nama SKPD yang mengusulkan arsip usul musnah adalah

1. Dinas perikanan
2. Dinas pendidikan
3. RSUD Andi Djemma Masamba
4. Dinas pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak
5. Dinas ketahanan pangan
6. Dinas transmigrasi dan tenaga kerja
7. Dinas lingkungan hidup
8. Dinas pemuda dan olahraga
9. Badan pendapatan daerah
10. Dinas pertanian tanaman pangan dan hortikultura
11. Badan Kesbangpol
12. Dinas sosial
13. Dinas perdagangan perindustrian koperasi dan UKM
14. Dinas perpustakaan dan kearsipan Daerah.

“Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk mengurangi jumlah arsip yang sudah tidak dipergunakan lagi, dan efisiensi penggunaan tempat penyimpanan arsip pada SKPD,” tambahnya.

Sementara itu wakil Bupati Luwu Utara dalam sambutannya menyampaikan setiap lembaga negara pemerintah daerah, perguruan tinggi, perusahaan serta organisasi kemasyarakatan dan politik dalam penyelenggaraan kegiatan tentu menciptakan arsip.

“Namun tidak semua arsip disimpan selamanya sebagian arsip sudah tidak memiliki nilai guna telah habis masa resensinya dan berketerangan dimusnahkan,” kata Muh Thahar Rum.

“Dalam kesempatan ini saya mengucapkan terima kasih kepada para hadirin dan undangan sebagai pencipta arsip setiap saat yang selanjutnya dapat memusnahkan arsip tersebut untuk mengurangi jumlah arsip yang sudah tidak berlaku lagi dan tidak efisiensi penggunaan tempat penyimpanan arsip pada SKPD,” terangnya.

“Saya berharap semoga kegiatan ini bernilai ibadah dan berhasil membangun komitmen bersama yang nantinya bermuara kepada terselamatkannya dan terlestarikannya arsip sebagai memori kolektif bangsa menuju good governance dan keterbukaan informasi publik,” pungkas Wakil Bupati pasangan Indah Putri Indriani. (Hms)

banner 325x300

Tentang Penulis: Zulpadli

Gambar Gravatar
Anak keempat dari lima bersaudara yang lahir di Kendari, 12-Feb-1994.

No More Posts Available.

No more pages to load.