Hadiri Sosialisasi Germas, Pj Walikota Palopo Berharap Bantuan Andi Ichi di Sektor Pengembangan Kesehatan

oleh -1.291 views
Penjabat (Pj) Walikota Palopo, Andi Arwien Azis S.STP saat menghadiri sosialisasi bertajuk Budayakan Germas, Gerakan Masyarakat Hidup Sehat Dalam Kehidupan Sehari-hari, di Hotel Horas Kota Palopo, Kamis (02/08/2018).

LISTINGBERITA.COM|PALOPO – Hadiri sosialisasi bertajuk Germas, Penjabat (Pj) Wali Kota Palopo, Andi Arwien Azis S.STP, mengharapkan bantuan Anggota DPR RI Andi Fauziah Pujiwatie, dalam pengembangan sektor kesehatan di Kota Palopo.

Hal tersebut disampaikan pada sosialisasi bertajuk Budayakan Germas, Gerakan Masyarakat Hidup Sehat Dalam Kehidupan Sehari-hari, di Hotel Horas Kota Palopo, Kamis (02/08/2018).

Sosialisasi itu dihadiri sekitar 300 orang dari Dinas Kesehatan, petugas Puskesmas, dan ibu PKK Kecamatan.

Turut hadir anggota DPR RI Hj Andi Fauziah Pujiwatie Hatta, yang akrab disapa Andi Ichi, Kepala Bidang Fasilitasi Akredirasi dan Penjamin Mutu Akemat SKP MKes, Direktur Poltekkes Kemenkes Makassar Agustian, Kabag Humas Setda Kota Palopo Eka Sukmawati, Kepala Sub bidang Penjaminan Mutu Dian Arief, dan ibu PKK Kecamatan.

Baca Juga ! :  Pemkot Launcing Kompetisi Pelayanan Publik Antar OPD Tingkat Kota Palopo

Pj Walikota Palopo Andi Arwien Asiz SSTP, mengungkapkan, salah satu program prioritas pembangunan Kota Palopo adalah pengembangan sektor kesehatan.

Kota Palopo sebagai salah satu daerah penyangga pembangunan provinsi Sulawesi Selatan, khususnya pada jazirah utara Sulsel, telah mencover layanan kesehatan bagi masyarakat kabupaten/kota sekitar Palopo, dengan ditetapkannya RSUD Sawerigading sebagai rumah sakit rujukan regional.

Namun demikian, meskipun sejumlah fasilitas dan alat kesehatannya telah memenuhi standar dan refresentatif, masih dibutuhkan dukungan dan bantu agar RSUD Sawerigading dapat lebih modern dan memenuhi harapan masyarakat.

Baca Juga ! :  Pimpin Apel Senja di HUT Pramuka Ke-57, Ini Pesan Pj Walikota Palopo

“Karena itu, pada kesempatan ini kami berharap kepada Andi Ichi, dapat membantu upaya RSUD Sawerigading dan sejumlah pusat kesehatan lainnya di Palopo sebagai langkah mewujudkan visi Indonesia Sehat,” katanya.

Arwien mengungkapkan, sebagai kota yang telah berulang kali meraih predikat kota sehat dari Kementrian Kesehatan, Kota Palopo saat ini masih butuh dukungan pengembangan program kesehatan berbasis kemasyarakatan sebagai upaya pelibatan peningkatan peran langsung masyarakat dalam pembangunan sektor kesehatan.

Dukungan tersebut dimaksudkan agar pelaksanaan program unggulan oleh pemerintah dan masyarakat selama ini dapat kesehatan yang digagas dan dikembangkan, terlaksana secara berkesinambungan.

Olehnya itu, dukungan anggaran dari pemerintah pusat masih terus berharap untuk menyikapi keterbatasan APBD Kota Palopo.

Baca Juga ! :  Hadirkan Ustadz Khalid Basalamah, Tabligh Akbar Pemkot Palopo Dihadiri Ribuan Warga

Sementara itu, Andi Fauziah Pujiwati, berjanji akan menyampaikan ke pemerintah pusat harapan Pemkot Palopo, sehingga komitmen untuk menjadikan Palopo sebagai kota sehat dapat terus dipertahankan.

Ketua panitia, Dian Arief, menjelaskan, tujuan dan harapan kami mensosialisasikan gerakan masyarakat hidup sehat dalam kehidupan sehari-hari, yakni untuk meningkatkan kualitas hidup.

Adapun 7 langkah gerakan masyarakat hidup Sehat (germas) yaitu 1 Melakukan aktifitas fisik, 2 Mengomsumsi sayur dan buah, 3 Tidak merokok, 4 Tidak mengomsusmsi alkohol, 5 Memeriksa kesehatan secara rutin, 6 Membersihkan lingkungan, dan 7 Menggunakan jamban. (RLs|Hms)