Hadiri Syukuran Adat “Mangrara Banua” di Toraja Utara, Husler : Saya Orang Toraja

oleh -832 views
Bupati Luwu Timur, HM. Thorig Husler, menghadiri upacara adat "Mangrara Banua" atau syukuran rumah adat Tongkonan Simmin di Desa Langda, Kecamatan Sopai Kabupaten Toraja Utara. Syukuran adat tersebut, diikuti hampir seluruh rumpun keluarga Thorig Husler dari etnis Toraja, Jumat (04/01/2019).

LISTINGBERITA.COM|TORUT – Bupati Luwu Timur, HM. Thorig Husler, menghadiri upacara adat “Mangrara Banua” atau syukuran rumah adat Tongkonan Simmin di Desa Langda, Kecamatan Sopai Kabupaten Toraja Utara. Syukuran adat tersebut, diikuti hampir seluruh rumpun keluarga Thorig Husler dari etnis Toraja, Jumat (04/01/2019).

Prosesi upacara adat itu, diawali dengan mengarak babi oleh beberapa pemuda, yang kemudian dilanjutkan dengan penampilan tarian pagellu dan tarian Pannimbong, khas adat Toraja.

Upacara tersebut, sebagai bentuk kesyukuran atas selesainya rumah keluarga Bupati Luwu Timur, yang ada di Desa Langda.

Baca Juga ! :  Tanda tangani MOU, Kapolda Sulsel bersama Ketua IDI Siap Layani Masyarakat

Dalam sambutannya, Thorig Husler menyampaikan rasa terima kasihnya kepada seluruh rumpun keluarga yang hadir dalam acara syukuran tersebut.

“Terima kasih atas kehadiran seluruh rumpun keluarga kami untuk menghadiri prosesi adat ini. Saya perlu sampaikan, saya ini orang Toraja. Di Luwu Timur masih banyak yang belum tahu bahwa saya orang Toraja. Leluhur saya berasal dari desa ini,” ungkap Husler.

Ia juga meminta doa restu dan dukungan dari seluruh rumpun keluarga agar bisa menyelesaikan amanah sebagai Bupati Luwu Timur, dengan sisa jabatan yang tersisa. Menurutnya, keberhasilan dalam memimpin di Luwu Timur, tidak terlepas dari dukungan seluruh keluarga.

Baca Juga ! :  TP. PKK Jeneponto Raih Juara 3 Lomba Masakan untuk Balita di Tingkat Provinsi

“Meski kita berbeda dalam keyakinan, namun hal itu bukanlah menjadi penghalang untuk tetap membangun silaturahmi dan menguatkan ikatan persaudaraan diantara seluruh keluarga,” tambahnya.

Selain Husler, syukuran adat Mangrara Banua itu, juga dihadiri beberapa Kepala OPD lingkup Pemkab Luwu Timur. Diantaranya, Asisten Pemerintahan, Dohri As’ari, Kadis Pendidikan, La Besse, Kadis Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu, Andi Habil Unru, dan Kadis Sosial, Sukarti, Kadis Perumahan Kawasan Pemukiman dan Pertanahan, Zainuddin, Sekretaris Inspektur, Salam Latief, Kadis Perpustakaan, Satri, Kabag Perlengkapan, Syahrir dan Kabag Humas dan Protokol Alimuddin Bachtiar, Camat Burau, Sukri, serta beberapa kepala Desa dari Kecamatan Burau. (RLs|Hms-Kominfo)

Baca Juga ! :  Tersangka Kasus Ijazah Palsu di Takalar Kembali Berulah

 

Tentang Penulis: Zulpadli

Zulpadli
Anak keempat dari lima bersaudara yang lahir di Kendari, 12-Feb-1994.