Humas Sulsel Expo, Lutra Tampilkan Pakaian Khas Rampi Dari Kulit Kayu

oleh -1800 Dilihat
Bagian Humas dan Protokol Sekretariat Daerah Kabupaten Luwu Utara tampil beda di acara Humas Sulsel Expo 2019, di Phinisi Point Mall, Jalan Metro Tanjung Bunga Makassar, Sabtu (29/06/2019).

LISTINGBERITA.COM | MAKASSAR – Bagian Humas dan Protokol Sekretariat Daerah Kabupaten Luwu Utara tampil beda di acara Humas Sulsel Expo 2019, di Phinisi Point Mall, Jalan Metro Tanjung Bunga Makassar, Sabtu (29/06/2019).

Di acara tersebut, Humas Lutra menampilkan pakaian dari kulit kayu khas Rampi di Stand Humas Lutra.

Menariknya, pakaian tersebut dikenakan dua staf Humas. Ini yang menjadi magnet pengunjung yang berdatangan dari berbagai daerah di Sulsel.

Seorang pengunjung asal Makassar bernama Karmila mengaku terkejut dengan apa yang ditampilkan Humas Lutra. Menurut dia, pakaian kayu tersebut sangat bagus, menarik, sekaligus unik .

“Awalnya saya kira pakaian biasa saja, seperti baju bodo begitu, tapi setelah saya perhatikan dan memegangnya, saya langsung tertarik, makanya saya minta difoto langsung,” kata Karmila tersenyum.

Ia mengatakan, pembuatan baju itu dilakukan oleh orang yang terampil dan tahu cara membuatnya menjadi lebih menarik.

“Cara pembuatannya sangat bagus dan halus. Saya tidak percaya kalau baju ini terbuat dari kulit kayu,” katanya.

Bagian Humas sengaja menampilkan pakaian kayu tersebut. Ini bagian dari upaya mempromosikan budaya dan kearifan lokal khas Luwu Utara, selain tentunya menampilkan produk kehumasan.

Pakaian kayu ini berasal dari pohon beringin sebagai bahan bakunya. Durasi pembuatannya kurang lebih tiga hari. Adapun warna yang digunakan terbuat dari kulit kayu itu sendiri, bukan dari bahan pewarna yang telah dicampur dengan bahan kimia. Bahan pewarnanya dari dari getah pohon, getah daun, dan getah bunga. Warna merah tua dihasilkan dari getah pohon yang sudah besar, dan warna hijau dari dari getah daun dan bunga. (Lh|Hms)

Tentang Penulis: Zulpadli

Gambar Gravatar
Anak keempat dari lima bersaudara yang lahir di Kendari, 12-Feb-1994.

No More Posts Available.

No more pages to load.