Idham Arsyad: Dari Aktivis Petani Menuju Senayan

oleh -1815 Dilihat
Idham Arsyad

LISTINGBERITA.COM|MAKASSAR – Ketua Pokja Masyarakat Sipil Kementerian Desa PDTT, Idham Arsyad nyaleg untuk Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI Sulawesi Selatan 3. Mantan Sekjen Konsorsium Pembaharuan Agraria (KPA) ini maju dengan mengedarai Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).

Dikalangan aktivis Sulawesi Selatan nama Idham Arsyad sudah tak asing lagi. Sebelum berkiprah di LSM nasional. Ia aktif di beberapa LSM di Sulawesi Selatan. Idham Arsyad merupakan salah satu dewan pendiri Lembaga Advokasi dan pendidikan Anak Rakyat (LAPAR) Sulsel. Ia juga pernah menjabat Deputi Direktur Eksekutif WALHI Sulsel.

Alumni IAIN Alaudin Makassar ini sejak mahasiswa sudah aktif sebagai aktivis. Ia tercatat sebagai aktivis Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) dan menjadi tokoh mahasiswa yang terlibat dalam gerakan reformasi 1998 yang berhasil melengserkan Presiden Soeharto.

Saat ini, Idham Arsyad juga sebagai Ketua Umum Gerakan Kebangkitan Petani dan Nelayan Indonesia (GERBANG TANI).

Ia dipercaya oleh Abdul Muhaimin Iskandar atau Cak Imin untuk memimpin organisasi sayap tani PKB ini karena pengalamannya yang panjang dalam mengadvokasi kasus tanah dan pertanian di Indonesia.

Bagi Idham Arsyad, politik harus mengabdi pada kepentingan rakyat, khususnya rakyat marginal di pedesaan. “Petani, nelayan dan masyarakat adat di pedesaan harus melek politik jika mau hak-haknya tegak di negeri ini” Tegasnya. (**)

Tentang Penulis: Zulpadli

Gambar Gravatar
Anak keempat dari lima bersaudara yang lahir di Kendari, 12-Feb-1994.

No More Posts Available.

No more pages to load.