Ini Jadwal Kokreasi Perhutanan Sosial di Luwu Utara. Ada Acara “Ngopi” Juga Loh

oleh -65 views
Kasubdit Hutan Kemasyarakatan Kementerian LHK, Tuti Herawati, saat memimpin Rapat Persiapan yang dipimpin Sekda Lutra Tafsil Saleh ini, di Ruang Command Center Kantor Bupati Luwu Utara, Selasa (05/11/2019).

LISTINGBERITA.COM | LUTRA – Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Republik Indonesia resmi merilis jadwal Kokreasi Perhutanan Sosial (Perhutsos) di Kabupaten Luwu Utara.

Ada empat agenda kegiatan yang bakal dilaksanakan Kementerian LHK bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Luwu Utara dan GenPI Luwu Utara, yaitu: (1) Pesona Goes To School; (2) Pelatihan Fasilitasi Perhutanan Sosial (Farmer To Farmer Mentoring); (3) Pameran Produk Perhutanan Sosial; dan (4) Ngobrol Pintar (Ngopi).

“Siang ini kita mendiskusikan persiapan kegiatan Kokreasi Perhutanan Sosial di Luwu Utara,” kata Kasubdit Hutan Kemasyarakatan Kementerian LHK, Tuti Herawati, dalam Rapat Persiapan yang dipimpin Sekda Lutra Tafsil Saleh ini, di Ruang Command Center Kantor Bupati Luwu Utara, Selasa (05/11/2019).

Baca Juga ! :  Mengenang Sosok IYL, Bupati Lutra: Beliau Orang Baik dan Menjadi Pelopor Pendidikan Gratis di Sulsel

Tuti menjelaskan, Kokreasi adalah sebuah kegiatan yang mengedepankan kerjasama untuk kesejahteraan rakyat.

“Ko itu artinya kolaborasi, sementara kreasi itu bermakna mengembangkan,” terangnya.

Kegiatan Kokreasi ini, kata dia, adalah bagian dari jelajah Kementerian LHK ke beberapa daerah dalam rangka Perhutanan Sosial.

Apa itu Perhutanan Sosial? Tuti menjelaskan, perhutanan sosial adalah sebuah program nasional yang sangat ditekankan oleh Presiden Joko Widodo dalam rangka memberikan hak akses legal kepada masyarakat untuk bisa mengelola kawasan hutan negara dengan baik.

Baca Juga ! :  BPBD Bulukumba Gencar Sosialisasi Penanggulangan Bencana

“Intinya untuk kesejahteraan masyarakat dan juga dalam rangka menjaga kelestarian hutan,” ujarnya menambahkan.

Sebelumnya, Sekda Tafsil Saleh saat membuka rapat yang juga dihadiri petani, penyuluh kehutanan, camat, dan kepala desa, mengimbau pihak-pihak yang terlibat agar bisa saling bersinergi dan berkolaborasi demi suksesnya acara ini.

“Inti dari kegiatan Kokreasi Perhutanan Sosial ini terletak pada aspek kolaborasinya. Bagaimana pemerintah pusat, pemerintah daerah dan segenap elemen masyarakat lainnya bisa saling mendukung dan bekerjasama dalam menyukseskan Perhutanan Sosual di Luwu Utara,” kata Tafsil.

Baca Juga ! :  Gelar Investment Gathering 2019, Wabup Thahar Paparkan Potensi Luwu Utara Kepada Investor

Kokreasi Perhutsos dimulai pada 7 November 2019, yang diawali kegiatan Pesona Goes To School di 3 SMA. Masing-masing SMA 1 Masamba, SMA 8 Masamba, dan MAN Masamba. Selanjutnya Pelatihan Fasilitasi Perhutsos di Aula La Galigo.

Untuk Pameran Produk Perhutsos dipusatkan di Taman Siswa selama 3 hari. Dan puncak acara adalah Ngobrol Pintar alias Ngopi. Di mana acara ini akan diisi dengan kegiatan Talkshow, Soft-Launching e-learning belajar hutsos, Launching Rumah Kokreasi, dan ditutup dengan Penyerahan SK Akses Legal Perhutanan Sosial. (LH)