Judas Terima Kunjungan Kementerian Perindustrian di Palopo

oleh -114 views
Walikota Palopo, Drs. HM. Judas Amir menyambut langsung kedatangan Kementerian Perindustrian Balai Besar Industri Hasil Perkebunan (BBIHP) Makassar, di Ruang Kerja Walikota, Rabu (25/09/2019).

LISTINGBERITA.COM | PALOPO – Walikota Palopo, Drs. HM. Judas Amir menyambut langsung kedatangan Kementerian Perindustrian Balai Besar Industri Hasil Perkebunan (BBIHP) Makassar, di Ruang Kerja Walikota, Rabu (25/09/2019).

Kedatangan BBIHP tersebut dalam rangka menjalin kerjasama pengembangan industri yang berbasis multi guna seperti kakao, kopi, dan kelapa sawit yang merupakan komoditas unggulan dari program BBIHP.

Kepala BBIHP Makassar, Tirta Wisnu Permana mengatakan, bahwa memang tugas BBIHP memfasilitasi penelitian, pengujian, pengembangan wirausaha baru, serta sertifikasi produk.

“Itulah hal-hal yang bisa kami kerjasamakan dengan Pemerintah Kota Palopo, mudah-mudahan ada program yang bisa kami tindaklanjuti. Seperti pengembangan sentra kakao, pengembangan sistem integrasi berbasis komoditi rumput laut, dan terkait pengembangan CPO kelapa sawit,” kata Tirta Wisnu Permana.

Baca Juga ! :  Pelayanan E-KTP di Palopo Belum Normal, Andi Arwin Temui Langsung Dirjen Dukcapil di Jakarta

Dengan adanya respon yang baik dari Pemkot Palopo, lanjut Tirta, pihaknya akan menyiapkan masukan terkait dengan kerjasama pengembangan industri komoditas tersebut.

Sementara itu, Walikota Palopo, HM Judas Amir mengatakan ada beberapa hal yang menarik sesuai potensi daerah di kota Palopo.

“Kami merespon baik adanya kerjasama ini. Kami meminta bimbingan tuntas untuk produk yang siap dipasarkan seperti hasil olahan kakao dan Pemkot Palopo siap memfasilitasi infrastruktur baik lokasi, pembangunan, alat dan SDM,” kata Judas Amir.

Baca Juga ! :  Ikuti Rakor Pelaksanaan Pembangunan Daerah Sulsel, Andi Arwien Didampingi Kepala Bappeda dan Kepala Inspektorat

Menurutnya, yang paling berpotensi di Kota Palopo adalah rumput laut yang sudah dikenal ditingkat nasional sehingga dirinya meminta agar difasilitasi untuk menghasilkan produk hasil olahan rumput laut.

“Dari ketiga komoditas ini, rumput laut yang paling berpeluang untuk dikembangkan. Karena rumput laut Palopo sudah sangat dikenal diberbagai daerah di Indonesia,” terang Judas.

Baca Juga ! :  Dua Warga Takalar Ditangkap saat Transaksi¬† Narkoba

Selain Kepala BBIHP Makassar, juga hadir Kepala Bidang Penilaian Kesesuaian BBIHP, Ransi Pasae, Asma Assa Selaku Peneliti BBIHP, dan Hardianzah Rahmat Staf Sertifikasi BBIHP.

Adapun turut hadir dalam pertemuan tersebut yaitu Asisten III Bidang Administrasi Umum, Dr. dr. Ishaq Iskandar M. Kes, Kepala Dinas Perindustrian Palopo, Akkaseng, Kepala Dinas Perdagangan Palopo, Zulkifli, Kepala Dinas Pariwisata, Ilham, Kepala Dinas Koperasi, Dra. Munasirah. (Hms)