Kabupaten Sinjai Terima Penghargaan Sebagai Kabupaten Peduli HAM

oleh -56 Dilihat

LISTINGBERITA,SINJAI, – Pemerintah Kabupaten Sinjai dibawah kepemimpinan Penjabat (Pj) Bupati Sinjai, T.R Fahsul Falah menerima penghargaaan
sebagai Kabupaten Peduli Hak Asasi Manusia (HAM) tahun 2023 dari Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) RI.

Penghargaan level nasional ini diserahkan langsung oleh Penjabat Gubernur Sulsel, Dr. Bachtiar Baharuddin didampingi Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Selatan (Kakanwil Kemenkumham Sulsel), Liberti Sitinjak kepada Pj. Bupati Sinjai T.R Fahsul Falah yang diwakili oleh Kabag Hukum Setdakab Sinjai Andi Adis Dharmaningsi Asapa dalam rangkaian peringatan Hari HAM Sedunia ke-75 tahun 2023 yang digelar di Hotel Claro Makassar, Senin (25/03/2024) malam.

Kabupaten Sinjai berhasil meraih predikat Kabupaten Peduli HAM dengan poin 93,8 dikarenakan telah memenuhi 10 parameter penilaian ini mulai hak atas bantuan hukum, hak atas Informasi, hak turut serta dalam pemerintahan, hak atas keberagaman dan pluralisme, hak atas kependudukan.

Selanjutnya, hak atas kesehatan, hak atas pendidikan, hak atas pekerjaan, hak atas lingkungan yang baik dan sehat serta hak atas perumahan yang layak, dan hak perempuan dan anak.

Kabag Hukum Setdakab Sinjai Andi Adis Dharmaningsi Asapa saat dihubungi menyampaikan rasa bangga dan syukur atas pencapaian tersebut.

Penghargaan ini, kata Andi Adis, merupakan bukti nyata komitmen kuat Pemerintah Kabupaten Sinjai dalam menghormati, melindungi dan memenuhi Hak Asasi Manusia di Kabupaten Sinjai.

“Penghargaan ini tentu akan menjadi motivasi tambahan bagi pemerintah daerah untuk terus meningkatkan upaya perlindungan dan pemenuhan HAM di Sinjai,” ungkapnya.

Piagam penghargaan dari Kemenkumham ini merupakan yang ke 5 kalinya diterima oleh Kabupaten Sinjai. Poin Sinjai ini mengalami peningkatan, dimana pada tahun 2022 hanya meraih 90,6 poin.

No More Posts Available.

No more pages to load.