Kades Terlibat Kampanye, Pidana Penjara 1 Tahun

oleh -6.554 views

LISTINGBERITA.COM,BULUKUMBA—Dalam rangka mencegah pelanggaran pemilu 2019 terhadap pihak pihak yang dilarang terlibat dalam kegiatan kampanye calon legislatif dan Pilpres, Bawaslu Bulukumba terus mengingatkan seluruh kades agar tidak terlibat dalam kegiatan kampanye peserta pemilu 2019.

Anggota Bawaslu Bulukumba Devisi Hukum, Penindakan Pelanggaran dan Sengketa Bakri Abubakar menyampaikan bahwa pihaknya telah menurati menyurati seluruh kades untuk tidak terlibat kegiatan kampanye bahkan sudah 2 kali selama tahapan kampanye, itu semua kita lakukan sebagai upaya pencegahan pelanggaran, Ucap Bakri. (22/2/2019)

Baca Juga ! :  Gowes Kamtibmas Ke Pangkep, Wakapolda Sulsel Sempatkan Sapa Warga di Jalan

“Sanksi pidana menanti kades sebagaimana pasal 490 UU No 7 thn 2017 yakni setiap kepala desa atau sebutan lain yang dengan sengaja membuat keputusan dan atau tindakan yang menguntungkan atau merugikan salah satu peserta pemilu selama tahapan kampanye dipidana penjara paling lama 1 tahun dan denda paling banyak 12.000.000,” jelas Bakri.

Selain UU No 7 thn 2017 mengatur larangan juga uu No 6 tahun 2014 tentang desa juga disebutkan bahwa kepala desa dilarang ikut terlibat dalam kegiatan kampanye pemilu maupun Pilkada. “Bahkan Sanksi administrasinya sangat jelas dalam UU ini,” pungkasnya.