Kadis Dikbud Jeneponto Titip Pendidikan Non Formal Pada Pengurus JPN

oleh -
Penandatanganan Berita Acara Pelantikan serta Penyerahan Bendera Pataka JPN oleh Ketua JPN Provinsi Sulsel, Dr.Daeng Makkalassa,S.Pd.,M.M. kepada Ketua JPN Kabupaten Jeneponto Drs. Hasanuddin. S.,M.Pd.

LISTINGBERITA.COM, JENEPONTO, – Pengurus Jendela Pendidikan Nusantara (JPN) Kabupaten Jeneponto masa bhakti 2020-2025 secara resmi dilantik oleh Pengurus Jendela Pendidikan Nusantara (JPN) Provinsi Sulawesi Selatan, Minggu 19 Januari 2020 di Aula Guru Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Jeneponto, Jalan Abd. Jalil Sikki Romanga.

Pelantikan ditandai dengan pembacaan Surat Keputusan (SK) oleh Sekretaris JPN Provinsi Sulawesi Selatan, Dr. Siti Nurbaya,S.Pd.,M.M. dilanjutkan dengan penandatanganan berita acara pelantikan serta penyerahan bendera pataka JPN oleh Ketua JPN Provinsi Sulsel, Dr.Daeng Makkalassa,S.Pd.,M.M. kepada Ketua JPN Kabupaten Jeneponto Drs. Hasanuddin. S.,M.Pd.

Hadir dalam pelantikan tersebut Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Jeneponto, Drs. Nur Alam, M.Si. selaku Anggota Dewan Pembina, Anggota DPRD Kabupaten Jeneponto, Drs. H. Salinringi juga sebagai Anggota Dewan Pembina, Pemimpin Redaksi Majalah Gema Suara Guru, Seharani H. Husain,S.Si. anggota Dewan Pembina. Sedangkan Ketua Dewan Pembina, Ibu Bupati Jeneponto, Hj. Hamsiah Iksan, S.E. berhalangan hadir.

Dalam sambutannya Ketua JPN Kabupaten Jeneponto, Drs. Hasanuddin. S.,M.Pd. mengatakan bahwa dia bersama pengurus lainnya bertekad akan menjalankan amanah yang dibebankan kepadanya sesuai dengan motto JPN: Cegah, Didik, dan Dampingi.

Selain itu dia juga menghimbau kepada seluruh pengurus yang telah dilantik agar terus mengobarkan semangat perjuangan untuk mendorong JPN agar tetap berdiri kokoh meski tantangan dan rintangan yang akan dihadapi ke depan tidaklah ringan.

Sambutan lainnya disampaikan oleh Ketua JPN Provinsi Sulawesi Selatan, Dr. Daeng Makkalassa,S.Pd.,M.M.. Menurut Makkalassa Jendela Pendidikan Nusantara (JPN) ini memiliki kepedulian yang cukup besar dan luas terhadap pendidikan, meliputi Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) hingga pendidikan orang dewasa.

Oleh karena itu dia berharap kepada pengurus yang baru dilantik agar dalam membuat program kerja hendaknya yang bersentuhan langsung dengan kepentingan dan kebutuhan masyarakat serta manfaatnya dapat dirasakan secara langsung oleh masyarakat secara luas.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Jeneponto, Drs. Nur Alam, M.Si. yang turut memberikan sambutan, banyak mengungkapkan keberhasilan yang telah dicapai Dinas Dikbud Jeneponto selama tahun 2019, misalnya: ratusan sekolah telah direhabilitasi, Angka Partisipasi Kasar (APK) mulai dari SD sampai SMP yang sudah mencapai angka 100 persen.

Selain itu dia juga menyampaikan bahwa Jeneponto tidak kekurangan guru karena kelas tidak pernah kosong. Yang kurang adalah guru PNS. Oleh karena itu dia berharap agar dalam perekrutan tenaga pendidik diprioritaskan yang sudah mengabdi secara nyata, meski hanya sebagai Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK).

Meskipun demikian lanjut Nur Alam, Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Kabupaten Jeneponto tetap rendah. Hal inilah yang membuat dirinya penasaran karena fasilitas pendidikan sudah diperbaiki, tenaga pendidik sudah terpenuhi, semua sudah menggunakan Kurikulum 2013 (K13), tetapi ternyata IPM tetap rendah.

Ternyata menurutnya yang membuat IPM rendah adalah masih banyaknya masyarakat yang belum bisa baca tulis terutama yang berumur 60 tahun ke atas. Oleh karena itu dia menitipkan hal ini kepada pengurus JPN Kabupaten Jeneponto agar dalam menyusun programnya ke depan pendidikan non formal ini bisa menjadi perhatiannya sehingga ke depan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Kabupaten Jeneponto bisa lebih meningkat.

SUSUNAN PENGURUS JENDELA PENDIDIKAN NUSANTARA KABUPATEN JENEPONTO MASA BHAKTI 2020– 2025
DEWAN PEMBINA KETUA : HAMSIAH IKSAN, S.E. ( KETUA DEWAN PENDIDIKAN KAB. JENEPONTO)
ANGGOTA :SALINRINGI, S.Pd. (ANGGOTA DPRD KAB. JENEPONTO)
ANGGOTA :Drs. H. NURALAM, M.Si. (KADIS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN KAB. JENEPONTO)
ANGGOTA : SEHARANI, S.Pd. (PEMIMPIN REDAKSI MAJALAH GEMA SUARA GURU)
PENGURUS HARIAN
KETUA : Drs. HASANUDDIN.S.,M.Pd.
Wakil Ketua : SALIHUDDIN, S.Ag.
Wakil Ketua : SYAMSUDDIN MAHADI,S.Pd.,M.Si.
Sekretaris : DAHLAN, S.Pd., M.Pd.
Wakil Sekretaris : IBNU MUNDZIR HASANUDDIN, S.Pd.
Bendahara : HJ. ST. SALEHA, S.Pd.,M.Pd.
Wakil Bendahara : Dra. JANAWATI,M.Pd.
SEKRETARIS BIDANG
Organisasi, Kaderisasi, Komunikasi dan Informasi : SUPRIADI, S.Pd.I
Pendidikan, Pelatihan dan Pengabdian
Masyarakat : AMRIN,S.Pd.,M.Pd.
Kerja sama, Pengembangan Usaha dan
Kesejahteraan : BADULU,S.Pd.,M.Pd.
Pemberdayaan Perempuan, Pembinaan
Olahraga Seni dan Budaya : SATRIDA BAHAR, S.Pd., M.Pd.
Pembinaan Mental dan Spritual : SYARIFUDDIN, S.Ag.,M.M.
Advokasi, Bantuan Hukum dan Perlindungan
Masyarakat : MUH. ASLAM AKIB,S.Pd.,M.Pd.