Kadis Pendidikan Provinsi Sulsel Kunjungan Kerja di Jeneponto, ini Tujuannya

oleh -
Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sulawesi Selatan, Prof. DR. Muhammad Jufri, M.Si., M.Psi., Psikolog, melakukan kunjungan kerja di Kabupaten Jeneponto, Jum’at 08 Januari 2020.

LISTINGBERITA.COM, JENEPONTO,- Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sulawesi Selatan, Prof. DR. Muhammad Jufri, M.Si., M.Psi., Psikolog, melakukan kunjungan kerja di Kabupaten Jeneponto, Jum’at 08 Januari 2020.

Kunjungan Kerja secara resmi mantan Dekan Psikologi UNM ini merupakan yang pertama kalinya di Kabupaten Jeneponto, sejak dilantik beberapa bulan yang lalu.

Turut mendampingi Kadisdik, Sekretaris Dinas Pendidikan Provinsi Sulsel, H. Hery Sumiharto, S.E., M.Ed., Kepala UPT PTIKP, Dra. Hj. Andi Hidayati, M.Pd., serta Kepala Cabang Dinas Wilayah VII Jeneponto-Takalar, Drs. Syaiful Amsi, M.M.

Dalam kunjungannya, Kadisdik Provinsi Sulsel melakukan kegiatan di dua titik yang berbeda, yaitu untuk SMA Negeri dan Swasta di UPT SMAN 1 Jeneponto, sedangkan untuk SMK Negeri dan Swasta di UPT SMKN 3 Jeneponto.

Hal ini dimaksudkan agar tidak terjadi kerumunan dengan jumlah yang lebih besar akibat banyaknya jumlah peserta, sekaligus mematuhi protokol kesehatan Covid-19.

Kadisdik beserta rombongan disambut dengan Tarian Padduppa yang diringi dengan tabuhan gendang, suling dan Pui’ Pui’ yang dimainkan oleh siswa-siswi SMAN 1 Jeneponto

Saat tiba di UPT SMAN 1 Jeneponto, Kadisdik beserta rombongan disambut dengan Tarian Padduppa yang diringi dengan tabuhan gendang, suling dan Pui’ Pui’ yang dimainkan oleh siswa-siswi SMAN 1 Jeneponto, serta pengalungan Lipa’ Sabbe’ atau sarung sutera kepada Kadisdik yang dilakukan oleh Plt. Kepala UPT SMAN 1 Jeneponto, Drs. Hasanuddin. S., M.Pd.

Dalam pengarahannya di depan para kepala SMA Negeri dan Swasta di Aula UPT SMAN 1 Jeneponto, Kadisdik, Prof. DR. Muhammad Jufri, M.Si., M.Psi., Psikolog, menyampaikan apreasi dan penghargaan kepada para kepala sekolah SMA yang tergabung dalam Musyawarah Kerja Kepala Sekolah SMA (MKKS SMA) atas penyambutan yang dinilainya luar biasa.

Selain itu, Kadisdik mengingatkan kepada para kepala sekolah bahwa tahun ini akan dilaksanakan Assesmen Nasional. Oleh karena itu para kepala sekolah dihimbau agar bisa menyampaikan kepada guru-gurunya bagaimana melakukan kegiatan pembelajaran yang lebih berkualitas, yang sampai sampai saat ini masih menggunakan sistem Belajar Dari Rumah (BDR) akibat masih tingginya tingkat penularan Covid-19.

“ Meskipun hasil assesmen tidak menentukan peringkat sekolah, namun outcomes dari assesmen nasional itu akan menjadi cerminan dari guru-guru, bagaimana kemampuan literasi dan numerasi dari siswa-siswa yang diajarnya, dan ini akan dipotret oleh Kemendikbud,” kata Kadisdik.

Pada bagian lain arahannya, Kadisdik menyampaikan agar para kepala sekolah senantiasa membangun komunikasi dan koordinasi dengan pihak terkait.

“ Jangan membiasakan menyampaikan keluhan di medsos. Kalau ada masalah di sekolah sampaikan kepada kepala sekolah, kepala cabang dinas, kepala bidang dan pihak terkait lainnya ,” ujar Kadisdik

Turut memberikan pengarahan Sekdis Disdik, H. Hery Sumiharto, S.E.,M.Ed. Dalam arahannya sekdis menyampaikan banyaknya tudingan dan berita-berita yang tidak benar, yang disampaikan oleh oknum guru, seperti masalah gaji, Tunjangan Profesi Guru (TPG), Tunjangan Perbaikan Penghasilan (TPP) dan Dana BOS.

Menurutnya, banyak tudingan yang dialamatkan ke Dinas Pendidikan Provinsi, seperti adanya pemotongan-pemotongan, padahal semua itu langsung masuk ke rekening masing-masing guru dan sekolah. “ Memang bulan Januari itu biasanya gaji itu terlambat cair,’ kata Sekdis Disdik.

  •  
  •  
  •  
  •  
  •