Kapolres dan Dandim Bulukumba Menjamin Pihaknya Netral Pada Pemilu 2019

oleh -

LISTINGBERITA.COM,BULUKUMBA—Bawaslu Bulukumba menggelar sosialisasi Pengawasan Pemilihan Umum dengan Tema ” Netralitas ASN, TNI, POLRI pada Pemilihan Umum Anggota DPR, DPD, DPRD serta Pemilihan Umum Presiden dan Wakil Presiden Tahun 2019 “yang digelar di Hotel Agri 2 April 2019.

Bupati Bulukumba Andi Sukri Sappewali yang membuka acara tersebut menghimbau kepada para ASN agar tetap menjaga netralitasnya dalam pemilihan umum ini dan meminta kepada Bawaslu agar tidak segan menjndak bila memang ada ASN yang terlibat politik praktis.

“Saya juga berharap netralitas Penyelenggara Pemilu serta Pengawas Pemilu untuk menjaga Independensi dalam pemilu 2019,”jelasnya.

Hal senada juga disampaikan Dandim 1411 Bulukumba Letkol Arm Joko Triyanto yang menyatakan bahwa TNI netral dalam setiap penyelenggaraan Pemilu, karena hal tersebut sudah menjadi Sumpah TNI.Untuk pengamanan sendiri TNI siap membackup Polres Bulukumba dan telah menempatkan masing-masing Personil untuk pengamanan Pemilu 2019.

Kapolres Bulukumba AKBP Syamsu Ridwan juga menjamin pihaknya akan selalu menjaga netralitasnya pada pemilu serentak 17 april mendatang. Dari segi pengamanan Kapolres menjamin pelaksanaan pemilu akan berjalan damai dan lancar dan khusus menjelang hari pencoblosan, khususnya pada masa distribusi logistik, Polres Bulukumba telah memerintahkan kepada seluruh Kapolsek untuk mengecek tempat penyimpanan logistik pemilu agar keamanan logistik dapat terjaga.

Untuk wilayah yang rawan sendiri Kapolres mengatakan ada beberapa titik yang dianggap rawan seperti di Desa Kahayya,Liukang,Sapobonto,dan Tana Toa.Olehnya itu pihaknya meminta agar memaksimalkan personil pengamanan baik dari Polres,TNI maupun Pemda Bulukumba di titik rawan tersebut yang dikhawatirkan dapat menimbulkan gangguan.Kapolres Bulukumba juga menyampaikan bahwa pihaknya akan terus melakukan Monitoring, untuk memastikan tidak adanya penyebaran berita hoax pada Pemilu 2019.

Komisioner Bawaslu Provinsi Sulawesi-Selatan Saiful Jihad dalam sambutannya mengatakan bahwa Bawaslu selalu berusaha untuk melakukan pencegahan adanya pelanggaran menjelang Hari H,dengan cara memastikan Koordinasi dengan seluruh stakeholder terkait dan juga meningkatkan sinergi dengan pihak keamanan dengan pengawas pemilu terus dibangun untuk mewujudkan Pemilu yang aman dan damai.

“Bawaslu terus berusaha agar Pemilu 2019 berjalan dengan lancar, saat ini Bawaslu telah melakukan pendataan untuk update Indeks Kerawanan Pemilu, Melakukan Pemetaan TPS yang berpotensi muncul masalah dalam Pemilu 2019,”jelasnya.