Kunjungi Bandara Bua, Menhub RI : Insyah Allah Pesawat Jenis Boeing 737 Akan Segerah Mendarat di Luwu

oleh -
Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi melakukan kunjungan kerja ke Bandara Laga Ligo Bua, Kabupaten Luwu, Sulawesi Selatan, Rabu (12/09/2018).

LISTINGBERITA.COM|LUWU – Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi melakukan kunjungan kerja ke Bandara Laga Ligo Bua, Kabupaten Luwu, Sulawesi Selatan, Rabu (12/09/2018).

Dalam kunjungan kerja tersebut, Budi melakukan peninjauan langsung kondisi Bandara Bua yang rencananya akan dilakukan pengembangan dengan menambah runwai.

Pengembangan bandara dengan adanya penambahan runwai secara bertahap diharapkan mampu menampung penumpang sebanyak satu juta di tahun 2019 mendatang. Karena dengan adanya penambahan runwai, Bandara Bua sudah daat didarati pesawat jenis Boeing 737.

Pengembangan runwai bandara Laga Ligo Bua direncanakan sepanjang 2.250 meter, yang saat ini baru 1.400 meter, dan penambahan tahun ini sepanjang 250 meter.

“Saya minta ke Pak bupati Luwu untuk membebaskan lahan di ujung ranwai, karena untuk menjadi 2.250 meter perlu tambahan. Pengalaman kami dengan adanya 2 maskapai yang ada saat ini yakni Wings air dan Garuda yang melayani penerbangan 4 kali seminggu dengan kapasitasnya diatas 80 persen, sehingga pihak kementerian perhubungan beralasan untuk menambah runwai dan jumlah penerbangan disini. Insha Allah pak presiden Joko Widodo akan meresmikan bandara ini dalam waktu dekat,” kata Budi.

Ia melanjutkan jika untuk anggaran setiap tahunnya akan dikucurkan sebanyak Rp 20 miliar sesuai daya dukungnya.

“Dengan harapan kedepan Boeing 737 bisa masuk, karena pasarnya sudah ada, bandara sudah siap dengan panjang landasan untuk Boeing 737, yakni sekitat 2.250 meter,” lanjutnya.

Sementara itu, Kepala Bandara Laga Ligo Bua, Syarifuddin, mengatakan bahwa pengembangan runwai bandara hingga 2.250 meter pihak bandara sudah melakukan secara bertahap.

“Saat ini masih 1.400 meter dan ditambah 250 meter, tahun depan Insyah Allah ditambah lagi minimal 200 meter. Tapi harapan kami kalau bisa sampai ke 2.000 meter supaya pesawat yang lebih besar bisa mendarat,” ungkap Syarifuddin.

Pengembangan runwai bandara Laga Ligo Bua, bagi pemerintah kabupten Luwu telah siap untuk terus melanjutkannya hingga target tercapai.

Menurut Bupati Luwu, Andi Mudzakkar, bahwa permintaan Menteri Perhubungan akan segerah disiapkan. Yakni pembebasan lahan untuk pengembangan bandara.

“Untuk persiapan lahan penambahan runwai, nanti kita lihat perkembangannya karena sekarang ini sudah bertambah dari tahun ke tahun dan sisanya akan terus ditambah, sesuai permintaan pak menteri,” pungkas Cakka sapaan akrabnya.

Saat ini Bandara Laga Ligo Bua, menjadi pendukung pengembangan pariwisata di 6 kabupaten, yakni kabupaten Luwu, kota Palopo, kabupaten Luwu Utara, kabupaten Luwu Timur, kabupate Toraja utara dan kabupaten Tana Toraja.(**)

Ucapan Idul Fitri - Pemda Jeneponto

Tentang Penulis: Zulpadli

Zulpadli
Anak keempat dari lima bersaudara yang lahir di Kendari, 12-Feb-1994.