Lomba Tumpeng Pangan Lokal Warnai Peringatan HUT RI Ke-74 di Lutra

oleh -1456 Dilihat
Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Luwu Utara, menggelar Lomba Tumpeng Pangan Lokal Beragam, Bergizi, Seimbang dan Aman (B2SA) dalam memeriahkan HUT RI ke-74, di Pelataran Rujab Bupati, Rabu (14/08/2019).

LISTINGBERITA.COM | LUTRA – Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Luwu Utara, menggelar Lomba Tumpeng Pangan Lokal Beragam, Bergizi, Seimbang dan Aman (B2SA) dalam memeriahkan HUT RI ke-74, di Pelataran Rujab Bupati, Rabu (14/08/2019).

Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani, yang juga merupakan juri kehormatan pada kegiatan tersebut, meninjau stand peserta.

Dalam sambutannya, Bupati Indah menyampaikan mengapresiasinya atas kegiatan lomba B2SA tersebut.

“Saya juga mengapresiasi kepada BUMN dan instansi vertikal yakni PLN dan kemenag yang ikut serta dalam kegiatan kita pada hari ini,” ungkap Indah yang akrab disapa IDP itu.

Ia menjelaskan, bahwa konsumsi beras sebenarnya bisa dikurangi. Saat ini Luwu Utara masih mengkonsumsi beras diangka 100 Kg perkapita, dan itu dinilai masih tinggi.

“Olehnya itu, walaupun kita salah satu penghasil beras di Sulsel, namun kita wajib meningkatkan produktivitas beras dari medium menjadi premium agar bisa kita ekspor ke daerah-daerah yang tidak memproduksi beras,” terang Indah.

Lutra sendiri, kata Indah, juga dikenal dengan Hidden Triset atau harta karun yang terpendam. Yaitu sagu dan beberapa waktu lalu kita telah melakukan SIDa atau sistem inovasi daerah yang terfokus pada pengembangan sagu.

“Masyarakat luwu utara rata-rata mengkonsumsi sagu 350kg sagu per keluarga pertahun dan sagu merupakan makanan khas kita jauh sebelum tana luwu mengenal beras,” lanjutnya.

Diketahui, juara I pada kegiatan lomba tumpeng pangan lokal ini diraih oleh Dinas TPHP Lutra, sementara juara II dan III masing-masing diraih oleh Bappeda dan Kesbangpol Lutra.

Selain itu, juara harapan I diraih oleh DP2KB Lutra, harapan II dan III diraih Dinas Sosial serta RSUD A.Djemma Masamba.

Sementara juara favorit diraih oleh Sekretariat Daerah Kabupaten Luwu Utara. (Hms)

Tentang Penulis: Zulpadli

Gambar Gravatar
Anak keempat dari lima bersaudara yang lahir di Kendari, 12-Feb-1994.

No More Posts Available.

No more pages to load.