Luar Biasa, UPT SMP Negeri 2 Binamu Raih Prestasi Harumkan Nama Daerah

oleh -1352 Dilihat
UPT SMP Negeri 2 Binamu meraih prestasi yang patut dibanggakan dan diapresiasi karena di akhir tahun 2021 ini

LISTINGBERITA, JENEPONTO,- UPT SMP Negeri 2 Binamu meraih prestasi yang patut dibanggakan dan diapresiasi karena di akhir tahun 2021 ini mampu membawa nama daerah Sulawesi Selatan pada umumnya kabupaten Jeneponto.

UPT SMP Negeri 2 Binamu satu satunya sekolah dibawah pemerintahan daerah Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Jeneponto dan Dinas Lingkungan Hidup Jeneponto sebagai sekolah penerima Penghargaan Adiwiyata Nasional.

Basri Kepala UPT SMPN 2 Binamu mengatakan Torehan prestasi yang diraih SMP Negeri 2 Binamu tidak semuda membalikan telapak tangan tapi penuh perjuangan dan melibatkan semua unsur terkait dalam memberikan support.

” Perjuangan 2 tahun kami bekerja bersama keluarga Besar UPT SMPN 2 BINAMU, Komite sekolah, orang tua siswa, bantuan langsung dari bapak Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Jeneponto, saran dan support dari Pak Sekdin, ibu kabid SMP, kasi sarana Prasarana, Kasi kurkulum dan kesiswaan dilingkup diknas”. Ungkap Basri

Lanjut Kata Basri semua dari mereka memberikan support termasuk juga ibu Bupati selaku ketua Dewan Pendidikan Kabupaten Jeneponto.

” banyak memberikan kami support sehingga teman teman tetap semangat, kemudian terima Kasih juga kepada Ibu Bupati selaku ketua Dewan Pendidikan Jeneponto yang banyak juga mensupport kami, terima Kasih juga kepada Kepala Inspektorat Jeneponto dan anggotanya yang banyak memberikan masukan dan bimbingan terkait pencapaian ini semua”. Ujar Basri.

Penerimaan penghargaan ini diikuti oleh Keluarga Besar UPT SMPN 2 BINAMU dan keluarga besar MTsN 2 Jeneponto secara virtual di ruang rapat sekretaris daerah Jeneponto, Jumat, 24 Desember 2021.

Pada acara ini Hadir Bapak PLH Sekda Jeneponto, Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Kepala kantor kementerian Agama, Kabid PLH, Kasi Penmad Kemenag Jeneponto dan beberapa pejabat Dinas Lingkungan Hidup Jeneponto.

Penghargaan Adiwiyata Mandiri dan Nasional diserahkan secara simbolis dan perwakilan oleh Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Ir. Siti Nurbaya Bakar, didampingi pihak Kementerian Pendidikan dan Kementerian Agama.

Pemberian penghargaan Adiwiyata tahun ini memasuki penyelenggaraan yang ke 16, berbagai upaya dilakukan agar program ini terus dan dapat menjawab perkembangan tantangan permasalahan lingkungan dalam konteks dan kaitan pendidikan.

“Kesadaran lingkungan sejak dini dengan harapan sekolah formal dapat menjadi tempat sebagai magnet dalam pengembangannya, konsepnya bahwa perluasan kesadaran lingkungan dapat dilakukan melalui pendidikan diantaranya dalam lingkup sekolah yang telah digagas sejak 16 tahun lalu,” jelasnya.

“Gerakan berbudaya lingkungan hidup di sekolah harus di dukung dengan agenda pemberian penghargaan Adiwiyata. perubahan sosial terus kita ikuti, yang terjadi yaitu perubahan bertahap yang dilakukan dari pola-pola struktural lingkup sekolah. Perubahan dengan pola dan gerakan yang lebih luas sejak tahun 2017-2018 dan diterapkan pada 2019 hingga saat ini,” ungkapnya.

Menurutnya, Pola dan gerakan tersebut akan terus berkembang sejalan dengan perkembangan aspirasi gaya hidup dan perspektif masyarakat khususnya generasi muda Indonesia kita tentang lingkungan.

“Pola dan gerakan itu dapat menjadi pendukung dalam memberikan kontribusi dalam pencapaian tujuan berkelanjutan Indonesia, hingga tahun ini sudah 4.726 sekolah dari 34 Provinsi yang telah menerima Adiwiyata Mandiri dan Nasional,” ujarnya.

Menurut salah satu Tim Adiwiyata UPT SMPN 2 Binamu bahwa untuk mendapatkan penghargaan ini tidak lah mudah karena kita berjibaku dengan waktu, tenaga, pikiran dan materi, bekerja siang dan malam, ditambah lagi kita bersaing dengan ribuan sekolah diseluruh Indonesia, akan tetapi karena semangat dukungan, Fasilatas dan motivasi dari Kepala sekolah Bapak Basri, S.Pd. M.M kepada kami Tim Adiwiyata SMPN 2 BINAMU, dan kekompakan kami keluarga Besar UPT SMPN 2 Binamu bertekad untuk mewujudkan program sekolah kami yg sudah lama dinanti nantikan dan Allhamdulillah usaha tidak menghianati hasil.

Lanjut Kepala UPT SMPN 2 Binamu Basri bahwa untuk meraih penghargaan sekokah Adiwiyata Nasional sangat melelahkan sehingga saya selaku penanggung jawab dan pimpinan harus selalu memberikan motivasi, semnagat dan fasilatas agar yang di butuhkan semua TIM bisa dikerjakan, dengan cara melibatkan semua Elemen termasuk Alumni kami Bapak Kadis Perindag Manrancai Sally dan teman teman angkatannya seperti pembangunan WC dan tempat wudhu, Kipas Angin dan lain lain, sehingga keberhasilan ini adalah keberhasilan bersama ucapnya.

Kepala UPT SMPN 2 Binamu berharap agar prestasi ini dapat dijadikan sebagai motivasi, baik dirinya, maupun kepda tenaga pendisik dan kependidikan disekolahnya agar amanah baru ini kita jaga, kita lebih berinovasi dan berkarya dalam rangka menuju Adiwiyta mandiri kedepan Insya Allah.
Semoga raihan prestasi ini dapat mendorong semua sekolah yang ada didaerah ini untuk bersama sama ikut dalam program sekolah Adiwiyata mulai dari kabupaten, provinsi, Nasional dan Mandiri, dengan melakukan aksi berbenah, Insya Allah kami dari keluarga Besar UPT SMPN 2 Binamu siap membina dan bekerja sama kepada sekolah sekolah yang mau maju sebagai sekolah Adiwiyata, agar semua sekolah dibawah naungan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Jeneponto menjadi idaman dan impian bagi anak anak usia sekolah dan para orang tua untuk menyekolahkan anaknya disekolah kita karena sekolah kita bersih, indah, sehat dan sejuk.

No More Posts Available.

No more pages to load.