Mendagri Putus Jaringan E-KTP, Pelayanan di Kantor Dukcapil Palopo Lumpuh

oleh -1466 Dilihat
Penjabat (Pj) Walikota Palopo tunda pelantikan Kadis Dukcapil Palopo, pelayanan KK dan Akte masih terbengkalai. Jumat (03/08/2018).

LISTINGBERITA.COM|PALOPO – Pelayanan di kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Palopo sebulan terakhir lumpuh.

Hal tersebut terjadi setelah pihak Mendagri memutuskan jaringan sistem Kartu Tanda Penduduk elektronik (E-KTP) di Kota Palopo, sehingga Dukcapil Palopo tak bisa lagi melayani warga yang ingin melakukan perekaman data atau pun cetak e-KTP.

Pemutusan jaringan sistem e-KTP ini dilakukan terkait persoalan mutasi Kadisdukcapil Palopo, dari Asir Mangopo kepada Akram Risa tanpa sepengetahuan Mendagri yang seharusnya sesuai aturan, penggantian Kadisdukcapil harus atas izin Mendagri.

Kepala Dinas Dukcapil Kota Palopo, Akram Risa, membenarkan hal tersebut, saat dikonfirmai pada Senin (30/07/2018).

Menurutnya, sejak Mei 2018, dirinya telah memberitahukan kepada Andi Arwin Azis, yang saat itu menjabat sebagai Pjs Wali Kota Palopo, bahwa ada masalah seperti itu. Namun hingga kini tak juga dicarikan jalan keluar.

“Sudah ada hampir satu bulan tidak ada pelayanan e-KTP, karena sistem e-KTP telah diputus oleh Mendagri,” kata Akram Riza. (**)

Tentang Penulis: Zulpadli

Gambar Gravatar
Anak keempat dari lima bersaudara yang lahir di Kendari, 12-Feb-1994.

No More Posts Available.

No more pages to load.