Menyambut HUT Lutra Ke XX, Dinas Perpustakaan Gelar Lomba Bercerita Tingkat SD dan SMP

oleh -33 views
Dalam rangka memperingati HUT Kabupaten Luwu Utara yang ke-XX tahun 2019, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Luwu Utara menggelar lomba bercerita di halaman Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah, Senin (15/04/2019).

LISTINGBERITA.COM|LUTRA – Dalam rangka memperingati HUT Kabupaten Luwu Utara yang ke-XX tahun 2019, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Luwu Utara menggelar lomba bercerita di halaman Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah, Senin (15/04/2019).

Kegiatan yang mengangkat tema “Pengembangan minat dan budaya baca dapat menumbuhkembangkan kegemaran membaca dan kecintaan terhadap budaya lokal” di buka langsung oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Luwu Utara, Tafsil Saleh.

“Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk memasyarakatkan minat belajar dan kebiasaan membaca untuk mendorong terwujudnya masyarakat pembelajar melalui kegiatan lomba Story Telling,” kata Maharuddin dalam laporannya.

Baca Juga ! :  Bupati Luwu Berangkatkan 265 CJH, Satu Diantaranya Menggunakan Kursi Roda

Selain itu, kegiatan ini kata Maharuddin, juga bertujuan untuk meningkatkan minat dan kegemaran membaca bagi anak serta menumbuhkan kecintaan karya budaya bangsa melalui berbagai bacaan atau buku dalam membangun karakter kecerdasan dan inovasi masyarakat melalui kegiatan lomba menulis karya ilmiah.

Sementara itu, Sekda Luwu Utara, Tafsil Saleh, mengatakan bahwa untuk maknai dan memperingati HUT Kabupaten Luwu Utara ke-XX tahun 2019 dengan berbagai kegiatan, agar menjadikan momentum ini untuk meningkatkan minat dan budaya gemar membaca masyarakat Luwu Utara.

Baca Juga ! :  Indah Salurkan Bantuan 20 Al quran di Daerah Terpencil

“Sekaligus upaya Pemda Luwu Utara menuju literasi dasar masyarakat. Karena sesungguhnya, membaca merupakan media penyerapan ilmu pengetahuan dan informasi. Selain itu, meningkatkan kemampuan baca yang tinggi akan memacu seseorang untuk mengembangkan diri melalui penyerapan ilmu pengetahuan teknologi dan budaya,” kata Tafsil Saleh.

Tafsil Saleh juga mengatakan, terkhusus kepada peserta lomba menulis karya ilmiah tingkat SMP lingkup pemerintah Kab. Luwu Utara diharapkan dapat meningkatkan minat pelajar.

“Dapat mengaktualisasikan diri yang dimulai dari inovasi dan kreativitas karena banyak membaca,” harapnya.

Baca Juga ! :  Rapat Percepatan E-KTP, Sekda Lutra Harap Peran Aktif Camat

Di akhir sambutannya sekda Lutra berharap agar kegiatan ini berjalan dengan lancar dan penuh manfaat bagi para peserta.

“Semoga kegiatan ini bernilai ibadah dan berhasil membangun komitmen bersama yang nantinya bermuara kepada terpenuhinya kebutuhan literasi dasar masyarakat dalam rangka mencerdaskan bangsa s suai amanah UUD 1945,” pungkasnya.

Dalam kegiatan tersebut, turut hadir Ketua Tim penggerak PKK Kabupaten Luwu Utara, Enny Thahar, para Kepala UPT pendidikan serta para Kepala sekolah SD dan SMP. (**)