Pasien DBD di RSUD Bulukumba Umumnya Anak-Anak.

oleh -1527 Dilihat

LISTINGBERITA.COM,BULUKUMBA—Musim pancaroba seperti saat ini dapat menimbulkan berbagai macam penyakit salah satunya adalah DBD (Demam Berdarah).Bahkan di Rumah Sakit Andi Sultan Daeng Radja Bulukumba jumlah pasien yang dirawat akibat DBD mencapi 9 orang selama satu minggu terakhir ,dan satu diantaranya harus mendapatkan transfusi darah dikarenakan kondisinya yang sudah parah.

Gejala dan tanda pun berbeda beda seperti yang dialami Alva (11) asal Kecamatan Kajang ini,dimana gejala awalnya muntah muntah dan sakit perut dan setelah dirawat di Puskesmas Kajang akhirnya dirujuk ke RSUD Bulukumba,hasil tes darah menunjukka pasien terkena DBD.
“Awalnya muntah muntah,sakit kepala ,sakit perut setelah periksa darah hasilnya positif DBD,”ujar Hj Asmirani nenek pasien.

Sedangkan pasien lainnya bernama Nurul Mihra( 7)yang juga merupakan pasien DBD awalnya terkena DBD badannya tiba tiba panas dan dihidungnya mengeluarkan darah atau mimisan dan hanya dalam jangka dua hari kondisi tubuhnya melemah dan terpaksa harus diberi tansfusi darah.

Menurut dr.Amrullah yang merupakan Kepala Bidang Pelayanan Medik di RSUD Andi Sultan Daeng Radja Bulukumba mengatakan DBD ini umumnya menyerang anak dikarenakan kondisi fisik anak anak yang masih lemah.Olehnya itu dirinya meminta agar para orang tua lebih menjaga buah hatinya dengan cara rutin menjaga kebersihan rumah,dan juga memberi lotion anti nyamuk kepada anak anaknya.

Meski demikian dr.Amrullah juga menghimbau agar para orang tua juga jangan panik ketika anaknya mengalami demam tinggi,karena banyak kasus dimana anaknya baru demam sedikit saja langsung dibawa ke UGD padahal masih biasa diantisipasi.

“Kalau anak kita demam ,kasi air putih banyak banyak karena itukan panas menguap jadinya dehidrasi,kalau sudah tiga hari panasnya belum turun g ke rumah sakit,”jelasnya kepada LISTINGBERITA.COM pada 17 Januari 2019.

Lanjutnya meski demikian ada beberapa kasus DBD ringan yang mampu diatasi tanpa harus dirawat di Rumah sakit.
dengan istirahat yang cukup,tidak banyak pikir atau rileks dan mengikuti anjuran dokter seperti meminum obat tepat waktu.

No More Posts Available.

No more pages to load.