Pelayanan E-KTP di Palopo Belum Normal, Andi Arwin Temui Langsung Dirjen Dukcapil di Jakarta

oleh -1469 Dilihat
Penjabat (Pj) Walikota Palopo, Andi Arwien Azis menemui Direktur Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kemendagri, Prof.Dr. Zudan Arif Fakhrulloh,MH. di Kantor Direktorat Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kementrian Dalam Negeri, Jumat (24/08/2018).

LISTINGBERITA.COM|JAKARTA – Banyaknya Keluhan masyarakat terkait pelayanan di Dinas Kependudukan Dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kota Palopo, disikapi Pj Walikota Palopo Andi Arwin Azis, S.STP.

Menindak lanjuti hal tersebut, Andi Arwien, menemui langsung Direktur Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kemendagri, Prof.Dr. Zudan Arif Fakhrulloh,MH. di Kantor Direktorat Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kementrian Dalam Negeri, Jumat (24/08/2018).

Kehadiran Andi Arwien menemui  dirjen adalah untuk meminta petunjuk agar supaya pelayanan dokumen kependudukan yang selama ini dikeluhkan oleh masyarakat dapat segera teratasi.

Pada kesempatan itu, Andi Arwien melaporkan perkembangan  permasalahan yang terjadi pada lingkup Dinas Dukcapil Palopo pasca pengangkatan kepala dinas dukcapil  setahun lalu yang berimbas adanya pemutusan jaringan server kependudukan dari Ditjen Dukcapil.

Didampingi oleh asisten III Setda Palopo, Dra.Munasirah, M.Si,  Andi Arwien,  juga menyampaikan bahwa sekalipun jaringan server sudah aktif namun dokumen kependudukan yang ditandatangani pejabat kepala dinas dukcapil yang ada, dianggap tidak sah.

“Dan ini disebabkan surat ijin pelantikan dari Kemendagri untuk mengembalikan posisi pejabat dukcapil yang sebelumnya dijabat oleh H.Asir Mangopo belum juga terbit,” jelas Andi Arwien.

Andi Arwien mengakui memang pada pengangkatan dan pemberhentian pejabat pada unit kerja yang menangani urusan administrasi kependudukan di provinsi dan kabupaten/kota tidak berpedoman pada aturan permendagri nomor 76 tahun 2015. Namun hal tersebut justru imbasnya ke pelayanan masyarakat.

Dijelaskan Andi Arwien, pada kesempatan itu dirinya diberikan opsi yang ditawarkan oleh Dirjen sebagai solusi untuk memulihkan pelayanan dokumen kependudukan sambil menanti terbitnya ijin dari Kemendagri untuk menyesuaikan kembali posisi kepala dinas dukcapil berdasarkan peraturan mendagri.

Sementara itu, pihak dirjen sendiri  mengapresiasi insiatif yang ditempuh oleh Pemerintah Kota Palopo dalam rangka menyelesaikan masalah tersebut. Dan datang berkonsultasi secara langsung, dimana menurut Andi Arwin, pihak dirjen baru akan mengagendakan mengundang pemerintah Kota Palopo untuk membahas masalah tersebut dalam sebuah rapat koordinasi.

Selaku Pj. Walikota, Ia meminta kesabaran masyarakat Kota Palopo akan terhambatnya pelayanan di Didukcapil. Namun dengan adanya solusi dari pihak dirjen dirinya berharap persoalan dukcapil dapat segera diselesaikan.

“Setelah bertemu langsung Dirjen, saya optimis, dan semoga solusi dari dirjen dapat kita jalankan sembari menunggu terbitnya ijin dari Kemendagri. Insya Allah masalah Dukcapil akan segera kita selesaikan,“ Pungkasnya. (RLs|Hms)

Tentang Penulis: Zulpadli

Gambar Gravatar
Anak keempat dari lima bersaudara yang lahir di Kendari, 12-Feb-1994.

No More Posts Available.

No more pages to load.