Pelayanan RSUD Bulukumba Kini Berbasis Digital, Cukup Pencet Aplikasi Sirudal

oleh -335 Dilihat

LISTINGBERITA.COM,BULUKUMBA,— Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) H.Andi Sulthan Daeng Radja Bulukumba berupaya meningkatkan kualitas layanannya. Saat ini rumah sakit sudah melayani pendaftaran pasien secara elektronik. Warga kini dengan mudah terlayani, cukup mengakses aplikasi ‘Sirudal’ RSUD Bulukumba tersebut.

“Aplikasi Sirudal ini untuk pendaftaran pasien. Sebelum datang, mereka sudah bisa memastikan dilayani di RSUD. Mereka tidak perlu lagi datang antri,” kata ahli IT rumah sakit, Ramlan saat memberikan simulasi pendaftaran online di acara launching penggunaan aplikasi rekam medik elektronik di RSUD H.Andi Sulthan Daeng Radja Bulukumba, Senin, 6 Februari 2023.

“Jadi pendaftaran itu, mulai melayani rujukan BPJS, umum, asuransi, maupun jasa raharja,” sambung Ramlan mempresentasikan manfaat aplikasi ini di hadapan Bupati dan Wabup Bulukumba, beberapa anggota DPRD, Kajari, Dandim, serta Ketua Dekranasda.

Ia mengatakan bahwa dengan adanya aplikasi ini, maka masyarakat sangat mudah mengakses pelayanan RSUD Bulukumba. Cukup buka aplikasi, lalu melakukan reservasi online.

“Hanya masukkan NIK saja, karena ini sudah terkoneksi dengan Dukcapil. Kemudian langsung muncul nama, tinggal masukkan nomor HP dan langsung daftar,” ujarnya.

Menurut Ramlan, aplikasi ini memudahkan masyarakat untuk bisa langsung pilih reservasi mau tanggal berapa datang ke RSUD dan poliklinik apa. Bahkan, katanya, dokter yang tersedia pun muncul secara otomatis.

“Jadi, bukan hanya masyarakat yang merasakan, tapi juga staf RSUD yang tadinya setiap berkas harus ditulis, lalu bawa ke poliklinik. Dari poliklinik bawa ke farmasi dan dari farmasi bawa lagi ke kasir. Itu sudah tidak lagi dengan adanya aplikasi ini,” jelasnya.

Terkait aplikasi Rekam Medik Elektronik atau digital, Direktur RSUD Bulukumba, dr Rizal Ridwan Dappi menambahkan bahwa ini merupakan inisiatif, dukungan dan komitmen RSUD dalam memaksimalkan pelayanan ke masyarakat.

“Banyak kemudahan yang didapat dari sistem digitalisasi. Tidak memakan banyak waktu lagi. Bisa langsung ditangani dokter. Dokter bisa memeriksa dan tidak membawa lagi rekam medik,” katanya.

Ia juga menjelaskan bahwa digitalisasi ini, semuanya sudah terkoneksi, baik pasien umum, BPJS, maupun jasa raharja. Sehingga, pasien nantinya bisa tidak membawa lagi kartu BPJS, tapi cukup KTP saja.

“Jadi pelayanan langsung dan cepat. Selain itu, kami juga launching taman baca dan taman bermain untuk anak. Tujuannya, menjadikan RSUD pintar dan ramah anak,” jelas dr Ridwan.

Bupati Bulukumba Andi Muchtar Ali Yusuf mengapresiasi langkah RSUD untuk memaksimalkan pelayanan, melalui sistem digitalisasi. Ia berharap, sistem digitalisasi ini, benar-benar sangat membantu masyarakat.

“Semoga ini bisa bermanfaat bagi semua saudaraku. Kami akan terus berupaya memberikan pelayanan terbaik,” kata bupati yang akrab disapa Andi Utta, kemudian meresmikan penggunaan aplikasi rekam medik elektronik digitalisasi di RSUD H.Andi Sulthan Dg Radja Bulukumba.

Salah seorang tokoh masyarakat yang berkunjung di rumah sakit, H. Ilham mengapresiasi perkembangan rumah sakit saat ini. Menurutnya sudah banyak perubahan terkait layanan yang berikan oleh pihak rumah sakit.

“Selain sarana seperti parkir dan ruang lobby pendaftaran yang lebih lapang, rumah sakit juga terus meningkat layanan untuk mempermudah pasien melalui aplikasi pendaftaran online,” ungkapnya.

Untuk diketahui aplikasi Sirudal ini dapat didownload di play store yang ada di smartphone. Cukup melakukan registrasi NIK, aplikasi ini sudah bisa digunakan.

KPU Jeneponto

No More Posts Available.

No more pages to load.