Pemda Luwu Timur Sosialisasi Pengadaan Barang Dan Jasa Melalui Sistem Elektronik

oleh -809 views
Bupati Luwu Timur, HM Thorig Husler, saat membuka acara sosialisasi dan pelatihan pengadaan barang dan jasa dengan menggunakan sistem elektronik di Aula Kantor Dinas Pendidikan Luwu Timur, Senin (18/02/2019).

LISTINGBERITA.COM|LUTIM – Puluhan Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) dan Pejabat Pengadaan Barang dan Jasa, mengikuti sosialisasi dan pelatihan pengadaan barang dan jasa di Aula Kantor Dinas Pendidikan Luwu Timur, Senin (18/02/2019).

Para peserta sangat antusias mengikuti sosialisasi dan pelatihan pengaaan barang dan jasa menggunakan sisrem baru, yakni Sistem Pengadaan Secara Elektronik (SPSE) versi 4.3.

Plt. Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Luwu Timur, Drs. Askar mengatakan, sosialisasi ini di gelar dalam rangka persiapan penggunaan Aplikasi Sistem Pengadaan Secara Elektronik (SPSE) versi 4.3 terkait dengan pemberlakuan Peraturan Presiden Nomor 16 Tahun 2018 tentang Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah.

Baca Juga ! :  Hadiri Rakorwasda Pemprov Sulsel, Bupati Luwu Utara Siap Dukung Komitmen KPK

Menurutnya, melalui versi baru ini, pembuatan dokumen kontrak tidak melalui sistem manual lagi namun menggunakan sistem online dan paket pekerjaan dibuat sendiri oleh PP Kom, tidak lagi ditetapkan oleh Pokja.

“Semua transaksi baik tender maupun non tender wajib dicatat dalam aplikasi, sehingga memudahkan proses monitoring,” katanya.

Adapun beberapa kelebihan aplikasi SPSE versi 4.3 ini, selain dokumen lelang dibuat secara elektronik melalui aplikasi SPSE, dalam aplikasi ini syarat penawaran sudah terperinci.

Baca Juga ! :  Dipimpin Kepala BNPB, Husler Hadiri Rakor Penanggulangan Bencana di Makassar

“Pada proses evaluasi harga dan koreksi aritmatik dilakukan secara otomatis oleh aplikasi, serta aplikasi SPSE sudah menginformasikan secara terperinci hasil evaluasi, sehingga lebih transparan bagi masyarakat,” jelas Askar.

Sementara itu, Bupati Luwu Timur, HM. Thorig Husler, berharap seluruh peserta sosialisasi agar dapat memahami dan menggunakan SPSE versi 4.3 di 2019 ini.

“Kepada seluruh pengguna sistem pengadaan secara elektronik, agar dapat memahami dan menggunakan aplikasi SPSE versi 4.3 untuk proses pengadaan barang/jasa Pemerintah secara elektronik, dan Sistem E-Purchasing serta E-Lelang cepat di Tahun Anggaran 2019 ini,” harap Husler.

Baca Juga ! :  Kunjungi Sejumlah Korban Kecelakaan, Wabup Irwan Turut Prihatin dan Berbela Sungkawa

Diketahui, sosialisasi dan pelatihan ini akan berlangsung selama 10 hari kedepan, yang di mulai dari 18-27 Februari 2019. Dan diikuti sebanyak 110 orang Pejabat Pembuat Komitmen, 28 Pokja Pemilihan Bagian Layanan Pengadaan yaitu Kepala OPD, 11 Camat, 3 Lurah, 17 Kepala Puskesmas, 152 PPK, 58 Pejabat Pengadaan, 58 Admin PPK, serta 301 Penyedia. (Hms|Kominfo)