Peringati HUT RI Ke-73, Ibu-ibu PKK di Luwu Ikuti Lomba Cipta Menu Pangan Lokal

oleh -1495 Dilihat
Memperingati HUT RI ke-73, Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Luwu, menggelar lomba cipta menu pangan beragam, bergizi seimbang dan aman (B2SA) yang berbasis sumber daya lokal, di Tribun Lapangan Sepak bola Andi Djemma, Belopa, Luwu, Kamis (09/08/2018)

LISTINGBERITA.COM|LUWU – Memperingati HUT RI ke-73, Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Luwu, menggelar lomba cipta menu pangan beragam, bergizi seimbang dan aman (B2SA) yang berbasis sumber daya lokal, di Tribun Lapangan Sepak bola Andi Djemma, Belopa, Luwu, Kamis (09/08/2018)

Lomba tersebut dihadiri oleh Kepala Dinas Ketahanan Pangan Luwu, Andi Agusalim, Ketua TP PKK Kabupaten Luwu, Andi Tenri Karta, Sekretaris P3A Luwu, Hj Nurlina, serta Anggota PPK se Kabupaten Luwu.

Andi Agusalim, Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Luwu, mengatakan lomba cipta menu pangan B2SA berbasis sumber daya lokal ini merupakan agenda tahunan yang dilaksanakan di tingkat kabupaten, sekaligus untuk menyambut perayaan HUT RI yang ke-73.

“Lewat Kegiatan ini kita mengangkat dan menggalakkan pangan lokal daerah yang dapat dijadikan menu utama pengganti beras yang juga dapat memenuhi syarat sehat dan bergizi. Dimana kita di Luwu pangan lokal daerah variatif sehingga dapat diolah sedemikian rupa sebagai bentuk keragaman pangan yang sehat dan bergizi bagi masyarakat,” katanya.

Ia menambahkan, bahwa lomba pangan lokal ini semoga bisa menjadi sumber pangan alternatif dengan beragam kreasi yang dapat menggugah selera sehingga dapat mengurangi ketergantungan pada beras.

“Pangan lokal daerah Luwu cukup untuk memenuhi kebutuhan konsumsi masyarakat kita, seperti sagu. Dari dulu orang Luwu sudah mengkonsumsi sagu sebagai pengganti beras, dimana saat ini kita sudah ada 10 jenis menu berbahan sagu yang biasa di buat,” tambahnya.

Sementara itu, Ketua TP PKK Kabupaten Luwu, Hj Andi Tenri Karta, mengatakan kegiatan ini sengaja melibatkan perempuan, agar kedepannya para ibu-ibu ini bisa membuat makanan dari pangan lokal yang sehat dan bergizi untuk di sajikam kepada keluarganya serta memotivasi ibu-ibu yang lain agar menggalakkan pangan lokal daerah kepada keluarganya.

“Ini sangat penting dan bermanfaat untuk mendukung terciptanya peningkatan konsumsi pangan lokal, Tim PKK yang terlibat dalam lomba ini nantinya bisa membuat olahan makanan lokal untuk disajikan untuk keluarga, guna menciptakan sumber daya manusia yang berkualitas dan mengajak masyarakat Luwu untuk sering mengkonsumsi makanan yang mengandung gizi berimbang,” jelas Andi Tenri Karta.

Dalam lomba cipta menu pangan beragam, bergizi seimbang dan aman (B2SA) yang berbasis sumber daya lokal, TP PKK Kecamatan Bua yang keluar sebagai juara I. (**)

 

Tentang Penulis: Zulpadli

Gambar Gravatar
Anak keempat dari lima bersaudara yang lahir di Kendari, 12-Feb-1994.

No More Posts Available.

No more pages to load.