Pkrs RSUD Bulukumba Himbau Warga Gunakan Masker Dengan Benar

oleh -

LISTINGBERITA.COM,BULUKUMBA,- Promosi Kesehatan Rumah Sakit (PKRS) RSUD H. Andi Sulthan Daeng Radja Bulukumba, Sulawesi Selatan menghimbau Masyarakat untuk senantiasa disiplin menggunakan masker. Terlebih lagi, pola penyebaran dan penularan virus corona kini bisa terjadi melalui berbagai cara.

Salah satu yang ditekankan adalah penggunaan masker dengan benar.

“Ini perlu, sebab sering ada kesalahan dalam penggunaan masker”, Kata Kasubag Humas dan Promkes RSUD Bulukumba, Gumala Rubiah

Menurut Gumala ada beberapa kesalahan yang sering terjadi tanpa kita sadari diantaranya ,masker terlalu longgar sehingga tidak dapat melindungi dengan efektif dari paparan media yang telah terkontaminasi virus. Hal tersebut membuat virus bisa masuk melalui celah yang ada.

Selanjutnya, Lupa menutup bagian hidung atau hanya menutup bagian mulut saja.

“Cara penggunaan seperti ini dapat menimbulkan risiko penularan penyakit karena hidung tidak tertutup. Padahal Hidung merupakan salah satu bagian yang harus selalu tertutup oleh masker”,jelasnya.

Selain itu, Gumala juga menyarankan
untuk tidak menurunkan masker hingga ke dagu sebab dapat mencemari bagian dalam masker dengan virus yang menempel di dagu maupun di leher.

Dan diharapkan dengan penggunaan masker yang benar dan tepat mampu memutus mata rantai virus corona.

Sementara itu data dari gugus tugas jumlah pasien suspek corona sudah mencapai 195 kasus dengan angka kesembuhan mencapai 118 orang.