Program Semalam di Desa, Bupati Indah : Sudah Dirasakan Manfaatnya Oleh Masyarakat Lutra

oleh -
Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani saat menggelar dialog bersama ratusan masyarakat pada acara "Semalam Di Desa" di Desa Cenning, Kecamatan Malangke Barat, Luwu Utara, Sabtu (26/01/2019) malam.

LISTINGBERITA.COM|LUTRA – Program Semalam di Desa yang digalakkan oleh Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Luwu Utara, terus bergulir dan sudah memasuki tahun ketiga.

Program inovatif yang sudah berjalan selama tiga tahun itu, dinilai berhasil dalam mewujudkan program pemerintah pusat nawacita ketiga Presiden Joko Widodo. Dimana ditegaskan bahwa pembangunan dimulai desa ke kota.

Desa yang mendapat kesempatan istimewa sebagai tuan rumah perdana di 2019 ini, adalah Desa Cenning, Kecamatan Malangke Barat. Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani, bersama jajarannya kembali hadir menyapa, pada Sabtu (26/01/2019) malam.

Menariknya, pemerintah daerah tidak sekadar berdialog dengan warga, melainkan juga memberikan beberapa pelayanan dan bantuan, serta menyerap aspirasi masyarakat di desa tersebut.

Seperti pemeriksaan kesehatan mata, penyuluhan kesiapsiagaan bencana, bedah rumah, serta pemberian benih/bibit sayuran kepada kelompok wanita tani (KWT).

Bupati bersama Staf Ahli, para Asisten, dan Kepala Perangkat Daerah lainnya juga menghadiri beberapa kegiatan, seperti Shalat Jumat Berjamaah, Wisuda Khatam Al-Quran, Penebaran Bibit Ikan, Gerakan Satpol PP Ramah dan Peduli Lingkungan serta salat subuh berjamaah.

Selain itu, mereka juga melakukan kegiatan inovatif, dengan tema “Mata Pintar Menjawab”. Dimana masyarakat diberi kesempatan untuk bertanya terkait dengan keluh kesa serta kebutuhan yang mendasar yang diinginkan oleh masyarakat setempat. Kemudian dari pertanyaan itu, dijawab langsung oleh Bupati Indah, atau pihak terkait yang juga hadir di acara tersebut.

Kegiatan ini berhasil memancing antusiasme warga desa setempat untuk ikut berdialog dengan pemerintah, serta mengutarakan keinginan dan harapan mereka kepada pemerintah.

“Semalam di desa kita awali di daerah pesisir, sama seperti tahun lalu, kita juga adakan di desa Lamiko-miko,” ungkap Indah di hadapan ratusan warga yang hadir.

Istri dari Muhammad Fauzi ini mengatakan, bahwa program Semalam di Desa, khususnya kegiatan “Mata Pintar Menjawab”, telah dirasakan manfaatnya oleh seluruh masyarakat Luwu Utara.

“Kegiatan ini sudah memasuki tahun ketiga, dan manfaatnya sudah dirasakan masyarakat kita,” terang Ibu dua anak ini. Menurutnya, program Semalam di Desa adalah wadah atau sarana untuk lebih mendekatkan pemerintah dengan masyarakatnya.

“Inti dari kegiatan kita kali ini adalah selain mendekatkan pelayanan kepada masyarakat, juga untuk menyerap aspirasi masyarakat,” kata Indah.

“Tidak semua keinginan dan harapan masyarakat bisa kita penuhi. Yang kita penuhi adalah tentu kebutuhan yang paling mendesak. Meski demikian, pembangunan di segala lini tentu sifatnya berkelanjutan,” pungkasnya.

Sebelumnya, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD), Misbah, mengatakan bahwa program Semalam di Desa sudah berjalan selama dua tahun satu bulan.

“Program Semalam di Desa ini sudah berjalan selama dua tahun satu bulan, dan ini sudah memasuki tahun ketiga yang kita awali di desa Cenning Malangke Barat. Dan perlu kita ketahui bersama bahwa kegiatan ini terlebih dahulu diawali dengan assessment,” terang Misbah.

Turut Hadir dalam acara ini, yakni Sekda Luwu Utara, Abdul Mahfud, Camat Malbar, Sulpiadi dan Anggota DPRD. (Hms)

Tentang Penulis: Zulpadli

Zulpadli
Anak keempat dari lima bersaudara yang lahir di Kendari, 12-Feb-1994.