Rampi Raih Juara I Lomba Cipta Menu Lokal di Festival B2SA Lutra

oleh -
Kecamatan Rampi, Kabupaten Luwu Utara, berhasil meraih Juara I pada lomba cipta menu pada Festival Pangan Lokal Beragama, Bergizi, Seimbang dan Aman (B2SA) yang digelar oleh Dinas Ketahanan Pangan Luwu Utara, di Gedung Arma Karya Masamba, Rabu (07/08/2019).

LISTINGBERITA.COM | LUTRA – Kecamatan Rampi, Kabupaten Luwu Utara, berhasil meraih Juara I pada lomba cipta menu pada Festival Pangan Lokal Beragama, Bergizi, Seimbang dan Aman (B2SA) yang digelar oleh Dinas Ketahanan Pangan Luwu Utara, di Gedung Arma Karya Masamba, Rabu (07/08/2019).

Kegiatan yang dibuka langsung oleh Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani tersebut, diikuti 15 Kecamatan di Luwu Utara dengan melibatkan unsur PKK Kecamatan dan KWT Desa.

Bupati Indah Putri Indriani dalam sambutannya, berharap kegiatan seperti ini dapat terus berlanjut.

“Outcome dari sebuah kegiatan adalah bagaimana kegiatan itu bisa terus berlanjut, dan yang paling penting adalah bagaimana kegiatan itu bermanfaat dan dapat dikembangkan dengan usaha yang produktif dan ekonomis,” kata Indah.

Ia juga berharap kegiatan ini dapat menumbuhkan minat masyarakat untuk mengolah potensi pangan lokal menjadi pangan sehat dan aman dengan komposisi gizi seimbang.

“Saya lihat penyajiannya beda dengan tahun lalu, karena saat ini menggunakan lunchbox,” ujarnya.

Sebelumnya, Kepala Bidang Konsumsi dan Keamanan Pangan, Aisyah, dalam laporannya mengatakan, kegiatan ini bertujuan mendorong penerapan konsumsi pangan beragam, bergizi, seimbang dan aman (B2SA) dengan memanfaatkan pangan lokal.

“Kita berharap ini dapat mendorong inovasi dalam pengembangan olahan pangan lokal yang bernilai komersial,” sebut Aisyah.

Aisyah menyebutkan, pemenang lomba cipta menu kali ini berhak mewakili Luwu Utara untuk mengikuti lomba di tingkat provinsi.

“Insya Allah, pelaksanaan Lomba Cipta Menu Tingkat Provinsi akan dilaksanakan pada Minggu III September 2019 mendatang,” imbuhnya.

Peserta yang ikut pada lomba cipta menu pangan lokal ini, pada umumnya menyajikan makanan khas Luwu Utara yang berbahan dasar lokal nontepung dan beras. Seperti sagu, pisang dan lainnya.

Setelah Kecamatan Rampi, Kecamatan Kecamatan Baebunta berada diperingkat II, sementara dan juara III diraih oleh Kecamatan Baebunta Selatan.

Selain itu, panitia lomba B2SA juga menyediakan hadiah bagi juara harapan I, II dan III, yang masing-masing diraih oleh Kecamatan Sukamaju Selatan, Masamba dan Tanalili.

Para pemenang langsung menerima hadiah yang diserahkan langsung oleh Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani. (Lh|Hms)

Tentang Penulis: Zulpadli

Zulpadli
Anak keempat dari lima bersaudara yang lahir di Kendari, 12-Feb-1994.