RMB Pimpin Aksi World Clean Day di Palopo

oleh -
Wakil Walikota Palopo, Rahmat Masri Bandaso, memimpin langsung aksi bersih sampah dunia (World Clean Day) yang dilaksanakan serentak secara global, Sabtu (21/09)2019) pagi.

LISTINGBERITA.COM | PALOPO – Wakil Walikota Palopo, Rahmat Masri Bandaso, memimpin langsung aksi bersih sampah dunia (World Clean Day) yang dilaksanakan serentak secara global, Sabtu (21/09)2019) pagi.

Pada kegiatan tersebut, semua elemen ikut dan terlibat langsung dalam aksi yang mengusung tema “Cleanup For Peaceful Indonesia”.

Dalam sambutannya, Rahmat Masri Bandaso atau yang akrab disapa RMB itu, menyampaikan bahwa kegiatan seperti ini sebenarnya merupakan ajakan kepada masyarakat untuk berpartisipasi, sehingga budaya bersih dimasyarakat ini terus ada dan melekat.

“Jadi kedepan, kita usahakan masyarakat itu tergerak sendiri, masyarakat terhipnotis untuk lakukan kegiatan bersih-bersih, dan itu harapan kita, masyarakat memiliki budaya bersih, itu yang penting,” ungkap RMB.

“Jika masyarakat sudah memiliki budaya bersih, Insya Allah, setiap hari mereka akan melakukan bersih-bersih, bukan hanya pada moment seperti ini,” tambahnya.

Beliau juga mengatakan, bahwa setiap harinya warga di Kota Palopo memproduksi sampah sekitar 53 ton, dan penanganannya belum optimal, karena infrastruktur yang masih terbatas.

“Tetapi dengan kegiatan seperti ini (aksi bersih-bersih sampah), masyarakat diajak untuk ikut serta. Jadi penanganan sampah itu bukan hanya pada dinas terkait tetapi masyarakat juga ikut terlibat menangani sampah,” terangnya.

“Jika masyarakat sudah ikut terlibat, Insya Allah, penanganan sampah akan bisa kita selesaikan,” lanjutnya.

Senada dengan itu, plt. Kepala dinas Kesehatan Kota Palopo, Taufiq, mengatakan, aksi tersebut diharapkan dapat merangsang semangat masyarakat untuk mencintai kebersihan dan melekat pada dirinya bahwa kebersihan itu merupakan kebutuhan.

Terlebih lagi, kata Taufiq, saat ini di Kota Palopo sedang dilaksanakan verifikasi terkait lomba kota sehat.

“Dengan aksi bersih-bersih sampah seperti ini, lingkungan jadi sehat dan tidak ada sampah berserakan. Semakin bersih akan semakin nyaman, dan kita akan semakin sehat,” pungkasnya.

Selain Wakil Walikota Palopo, dan Kadis Kesehatan, kegiatan tersebut juga diikuti oleh Ketua Tim Penggerak PKK Kota Palopo, Hj. Utiasari Judas, yang juga merupakan Ketua Forum Kota Sehat Palopo. (Hms)

Tentang Penulis: Zulpadli

Zulpadli
Anak keempat dari lima bersaudara yang lahir di Kendari, 12-Feb-1994.